Puluhan Mahasiswa Lepas 100 Tukik di Pantai Cemara Banyuwangi

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Sebanyak 100 ekor bayi penyu (tukik) dilepaskan di Pantai Cemara, Banyuwangi, Minggu (20/10/2019).

Pelepasan tukik tersebut dilakukan oleh komunitas Generasi Baru Indonesia (GenBI) Jember, mahasiswa penerima Beasiswa dari Bank Indonesia.

Nur Rifa, ketua umum GenBI Jember mengatakan, kegiatan tersebut salah satu kepedulian GenBI terhadap pelestarian ekosistem penyu yang ada di laut.

“Pelepasan tukik ini kita lakukan untuk konservasi penyu yang saat ini terancam kepunahannya,” tuturnya.

Dengan diadakannya kegiatan ini, lanjut Rifa, guna meningkatkan kesadaran masyarakat terutama generasi muda untuk turut menjaga dan melastarikan keberadaan penyu. “Ini salah cara kita untuk memberikan edukasi kepada berbagai pihak, bahwasanya sejenis penyu pun penting untuk di lestarikan,” jelasnya.

Rifa menerangkan, teknis pelepasan tukik jenis lengkang itu, di lepasliarkan oleh 100 anggota GenBI jember secara bersamaan di bibir Pantai Cemara.

“Pelepasan tukik lengkang ini diikuti 100 anggota dan secara bersamaan kita lepas ke laut,” tukasnya.

Ternyata kegiatan yang dilakukan GenBI tersebut masih serangkaian Bersih Indonesia yang dilakukannya beberapa hari lalu.

“Kegiatan ini lanjutan dari Bersih Indonesia yang kita lakukan di Wisata Pasir Putih Situbondo dan Wisata Ranu Klakah Lumajang,” imbuhnya.

Rifa berharap, adanya konservasi tukik tersebut dapat meningkatkan ekosistem penyu di laut Banyuwangi.

“Semoga bisa meningkatkan ekosistem penyu agar tidak punah,” tandasnya.

(Tjanda)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *