Puluhan Wartawan Buktikan Banyak Kelebihan Daihatsu New Ayla

  • Whatsapp
Budhy Lau, Regional Manager Astra Daihatsu Jawa Timur, di atas Bukit Jeddih Bangkalan bersama New Ayla. Puas mengajak para jurnalis tes drive New Ayla, Sabtu (6/5/2017).

SURABAYA, beritalima.com – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak puluhan jurnalis Surabaya membuktikan banyak kelebihan Daihatsu New Ayla, Sabtu (6/5/2017). Acara yang dikomandani Budhy Lau, Regional Manager Astra Daihatsu Jawa Timur, ini diikuti sekitar 40 wartawan, dengan tujuan Bukit Jeddih Bangkalan, Madura, Jatim.

Dengan menggunakan 16 unit New Ayla yang semuanya warna putih, ditambah 4 unit jenis kendaraan yang sama untuk crew Astra Daihatsu Motor (ADM), iring-iringan start dari Kantor Cabang Astra Daihatsu Jatim di Aloha, Waru, Sidoarjo, sekitar pukul 09.30.

Perjalanan bersama New Ayla yang terbagi 4 etape ini benar-benar dinikmati para wartawan, baik yang jadi driver, navigator maupun asisten. Dengan dikawal dua petugas Patroli Jalan Raya dari Polda Jatim, parade city car yang cukup panjang ini mengular, meliuk-liuk menyalip kendaraan lain yang lumayan padat.

Interior baru New Ayla ini cukup menawan. Tombol pengatur volume audio dan pilihan mode hiburan telah diletakkan pada roda kemudi. Di sektor hiburan juga makin menonjol dengan head unit berlayar sentuh. Ada fitur radio, pemutar DVD, slot USB dan koneksi Bluetooth.

Sentuhan bahan pabrik bermotif merah dan hitam di kursi dan pelapis bagian dalam pintu (door trim) memberi kesan elegan pada mobil ini. Kursi depan juga sudah mengadopsi bentuk semibucket yang membuat posisi duduk nyaman dan tenang.

Mengamati semua itu sambil jalan, tak terasa laju New Ayla sudah sampai di etape pertama, di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Seluruh peserta parade mobil baru ini turun untuk selvie, dan checkpoint pun dilakukan.

Berjajar di depan KBS, para New Ayla terbaru kelihatan lebih sporty, elegan, dan tangguh, irit. Dibandingkan Ayla yang lama, ada sejumlah perubahan di beberapa bagian luar New Ayla.

Bagian eksterior kini tampil lebih trendy. Bumper depan dilengkapi aerokit Deluxe yang terkesan sporty dan dinamis dengan menyesuaikan bentuk body yang tegas. Lampu utama dilengkapi lampu LED tipe dan LED Daytime Running Light (DRL) yang membuat mobil ini terkesan mewah.

Grille dengan aksesn chrome tipe, velg racing ring 14 berwarna hitam metalic dengan sentuhan chrome di setiap strip velg, body kit samping tepat di bawah setiap pintu dilengkapi side stone guard tipe yang dapat meminimalisir body besi mobil dari benturan dan kerikil di jalanan.

Dari sisi belakang mobil terdapat beberapa variasi tambahan seperti di bagian bumper belakang atau body kit belakang dilengkapi aerokit yang cenderung lebih tinggi dari ayla sebelumnya.

Spoiler dilengkapi High Mount Stop Lamp (HSML), lampu belakang dilengkapi LED tipe dengan kombinasi garnish yang terlihat lebih terang dan stylish, hingga knalpot yang sisi luarnya dilengkapi Chrome Muffler Cutter tipe 1.2 R.

Selesai mengamati bagian luar, acara bertajuk “Sahabat Media Fun Amazing Race with Daihatsu New Ayla” ini kembali jalan menuju etape kedua di Taman Apsari.

Sejak start hingga separo etape ketiga, para wartawan mulai merasakan kelebihan naik New Ayla. Selebihnya, dari etape separo ketiga hingga sampai tempat tujuan, sepertinya pemakai diminta sekalian mencoba di kondisi medan yang tidak biasa untuk type kendaraan city car seperti New Ayla.

Seorang rekan wartawan yang ngerti otomotif menuturkan, sejak awal kelahirannya mobil Low Cost Green Car (LCGC) ini tidak dirancang sebagai sebuah mobil penjelajah. Melihat dimensi hingga kapasitas mesinnya, sejatinya Ayla adalah city car alias mobil perkotaan.

Namun, sejak dilucurkan di Surabaya pada 11 April 2017, New Ayla seakan lahir kembali dengan berbagai penyegaran tampilan, sekaligus dengan menggunakan mesin baru yang lebih bertenaga. Jika Ayla lama menggunakan 3 silinder dengan mesin 1.000 cc, kini Ayla dibekali dengan 4 silinder dengan mesin 1.200 cc.

ADM pun menyematkan slogan “It’s Fun to be More” atas penambahan tenaga mesin dan berbagai penambahan kosmetik pada Ayla terbaru ini. Seiring dengan hal tersebut, ADM pun ingin membuktikan bahwa New Ayla bisa berbuat lebih banyak.

Rute yang ditempuh pun sepertinya menjajal mobil ini pada habitat aslinya, yakni jalan-jalan di perkotaan Surabaya yang terbilang cukup padat dan ramai, serta pada akhirnya baru berjalan lancar ketika melintasi Jembatan Suramadu.

Sebelum melintasi jembatan sepanjang 5 km itu, iring-iringan sempat berhenti di Jalan Kedung Cowek untuk menunggu peserta yang tercecer. Dari Kedung Cowek inilah speed mulai ditambah karena jalanan sudah agak lenggang.

Menyusuri Jembatan Suramadu, kenyamanan New Ayla kian terasa. Test drive yang juga dilombakan ini, di antaranya adu irit, terasa sangat menyenangkan, hingga akhirnya sampai di etape ketiga, di Resto “Bebek Sinjai” untuk makan siang.

Selain makan siang, dilakukan pula undian doorprize dan pengumuman hasil penilaian untuk menentukan Tim Terbaik, yang dimenangkan mobil nomor 13 yang dinahkodai Candra, jurnalis dari media Ototrend.

Setelah itu, perjalanan dilanjut menuju Bukit Jeddih. Di etape terakhir ini menjadi pembuktian New Ayla. Ketika memasuki wilayah pedalaman yang mulai meyempit dan banyak lubang, manuver New Ayla terbilang smooth termasuk ketika berpapasan dengan kendaraan dari lawan arah.

Suara noise yang biasa terdengar pada Ayla 1.000 cc nyaris berkurang di New Ayla 1.200 cc.

Memasuki Bukit Jeddih, jalan tanah tidak rata mulai terasa. Guncangan pada kendaraan sedikit terasa, namun suspensi New Ayla terasa nyaman dan jauh lebih baik dari pendahulunya.

Di Bukit Jeddih, Regional Manager Astra Daihatsu Jawa Timur, Budhy Lau, tampak cukup puas dengan hasil test ride yang dilakukan para wartawan. “Saya senang mengetahui antusias teman-teman wartawan dalam mengikuti kegiatan test ride New Ayla ini,” ujarnya.

“New Ayla 1.2 dengan Exterior & Interior yang lebih sporty dan stylish memiliki performa powerfull dari mesin 1.200 cc yang dilengkapi dengan dual vvt-i membuat perjalanan jadi lebih asyik dan pengalaman mengemudi lebih menyenangkan,” kata Budhy.

Jika Ayla lama menggunakan 3 silinder dengan mesin 1.000 cc, pada New Ayla dibekali dengan 4 silinder dengan mesin 1.200 cc. New Ayla 1.2 dilengkapi pula dengan audio 2DIN Touchscreen dan audio steering switch sehingga perjalanan jadi tetap nyaman.

Budhy Lau juga mengungkapkan, untuk New Ayla ada program DP 15 dan cash back yang hanya ada selama bulan Mei 2017 ini. Selain itu kita juga ada program trade in untuk mereka yang ingin menukar kendaraannya dengan produk Daihatsu, khususnya New Ayla.

Selesai semua itu, termasuk sesion foto, seluruh peserta kembali ke Surabaya. Sejak dari Bukit Jeddih sampai Jembatan Suramadu di ujung Bangkalan, seluruh New Ayla masih berjalan beriringan.

Namun, dari tempat itulah, setelah semuanya diberi kebebasan dalam memacu New Ayla, Candra dari Ototrend memanfaatkan kesempatan itu untuk menguji kecepatan mobil baru ini. Sang juara dengan nomor lambung 13 ini langsung melesat dengan kecepatan 140 km/jam lebih.

Candra yang sudah cukup pengalaman mengikuti balapan mobil ini juga sempat menguji kelincahan New Ayla. Dalam kecepatan tinggi dia pun mampu berkelit ke kiri menghindari sebuah truk di depannya. Benar-benar luar biasa. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *