Sarasehan Wartawan Dengan Moreno Soeprapto Anggota Komisi VII DPR RI Bahas Geothermal

  • Whatsapp

Malang, beritalima.com | Ikatan Wartawan Online (IWO) Malang Raya menggelar sarasehan bersama Anggota DPR RI sekaligus Ketua DPC Partai Gerindra Kota Malang, Moreno Suprapto bersama jurnalis Malang Raya, di Coffee Shop Hotel Grand Mercure, Jalan Panji Suroso, Blimbing Kota Malang (29/4/22) Malam.

Dalam saresehan tersebut berbagai macam permasalahan di Malang Raya yang diungkap oleh para jurnalis diantaranya terkait Energi Panas Bumi, atau Geotermal yang merupakan proyek nasional berada di Gunung Arjuno dan Kawasan Gunung Welirang, yang berdampak pada wilayah Malang Raya.

Bacaan Lainnya

Moreno Soeprapto Anggota DPR RI, Komisi VII yang membidangi masalah energi tersebut, memberikan masukan terkait proyek nasional eksplorasi Panas Bumi Arjuno Welirang yang dapat berdampak pada ekologi alam di Malang Raya terutama Kota Batu.

” Untuk masalah geotermal saat ini masih dalam proses pembahasan dewan pusat dan pemerintah, rencana investasi anggaran proyek dari Bank Dunia namun itu masih dalam kajian. Kalau memang ada kekhawatiran dari masyarakat juga lembaga pemerhati lingkungan, karena kemungkinan kegiatan tersebut akan membawa dampak kerusakan alam di Batu, yang imbasnya bisa ke Malang Raya. Saya sebagai anggota DPR RI dari Dapil Malang Raya akan mencoba menyampaikan hal ini melalui aspirasi tersebut lewat mekanisme komunikasi birokrasi antara dewan dengan pemerintah pusat,” tegas Mantan Pembalap nasional tersebut.

Selain itu bisa jadi kita akan meninjau langsung rencana lokasi proyek, sehingga bisa mendapatkan referensi terkait dampak lingkungan (Amdal) apabila proyek tersebut dilakukan begitu pula terkait info pertambangan yang ada di Kabupaten Malang.

Sementara untuk masalah kenaikan harga gas elipiji, Komisi kami telah mengadakan rapat dengan pihak Pertamina dan kemungkinan besar kenaikan harga tersebut tidak bisa dihindari, karena beban pemerintah pusat cukup banyak dengan diberikannya subsidi-subsidi kepada masyarakat selama ini mungkin cuma waktunya saja yang bisa, tetapi soal persentase kenaikan harga kemungkinan DPR RI bisa memberikan masukan pada pemerintah agar tidak terlalu besar sehingga memberatkan masyarakat,” terangnya

Terkait isu-isu lokal di kota Malang,pria kelahiran tahun 1982 itu menyampaikan bahwa semua pembahasan soal masalah kota Malang akan diperhatikan dan bisa disampaikan melalui fraksi Gerindra yang ada di DPRD kota Malang

“Saya juga masih terus mempelajari tentang kota Malang seperti apa mulai dari sejarah dan potensi-potensinya kalau memang perlu mendapat support dari pusat untuk menjadikan kota Malang seperti kembali menjadi barometer musik dan olah raga atau pengembangan sumber daya manusianya kita akan membantu,” jelasnya

Dia juga menambahkan bahwa pertemuan dengan media membawa banyak masukan untuk dirinya dan kedepan kegiatan ini dapat dilakukan lagi secara berkesinambungan, agar komunikasi antara pejabat dengan masyarakat melalui awak media dapat tersampaikan dengan baik.

“Sehingga output informasi pada masyarakat melalui pemberitaan media juga dapat menjadi sumber informasi juga referensi yang jelas serta dapat dipertanggung jawabkan,” tandasnya.

Redaktur :  Santoso

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait