Satgas TMMD ke-105 Penyuluhan Pertanian dan Pemeliharaan Lingkungan

oleh -85 views

TIMIKA – beritalima.com I Satgas TMMD ke-105 dalam aksi kegiatannya yang menargetkan prorgam fisik, Selasa (16/07) juga kembali menunjukkan upaya pencapaian target non fisiknya dengan aksi penyuluhan kepada warga tani Kampung Mandiri Jaya yang dimaksudkan untuk membantu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia (SDM) masyarakat setempat.

Aksi kegiatan non fisik yangberlangsung di halaman Balai Kampung Mandiri Jaya, Distrik Wania, Kabupaten Mimika itu diikuti oleh sekitar 50 orang warga setempat. Aksi penyuluhan itu sendiri diberikan oleh pihak Dinas Pertanian dan Dinas Lingkungan Hidup secara bergantian.

Penyuluhan pertama diberikan Dinas Lingkungan Hidup, yang menjelaskan agar warga bisa terus menjaga kebersihan lingkungan dan menjaga alam sekitar. Salah satunya dengan tidak menebang pohon sembarangan, agar tidak menimbulkan bencana seperti banjir dan lain sebagainya.


Penyuluhan kedua sampaikan Dinas Pertanian, yang menjelaskan kepada warga tentang pentingnya budidaya sayuran. Selain itu, warga pun diberikan penjelasan tentang tata cara memelihara tanaman agar hasilnya maksimal dan terhindar dari hama. Warga pun menerima penyuluhan tentang penyuburan tanah dengan memanfaatkan pupuk, baik yang organik maupun anorganik. (indra)