Satlantas Polres Banyuwangi Petakan Jalur Mudik Lebaran

  • Whatsapp

BANYUWANGI Beritalima.com – Jalur arus mudik Lebaran Idul Fitri 2017 telah dipersiapkan oleh Satlantas Polres Banyuwangi. Jalur sepanjang 100 kilometer yang membentang dari Wongsorejo – Kalibaru telah disurvei. Begitupun dengan jalur Rogojampi – Gambiran – Genteng sepanjang 50 kilometer juga telah dipetakan.

Temuannya, menurut Kasatlantas Polres Banyuwangi AKP Ries Andrian Yudho Nugroho SIK, di KM 22,5 Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo kondisi jalannya rusak. Begitupun di KM 251 Jembatan Krikilan Glenmore ditemukan kasus serupa. Di KM 3-4 jalur Rogojampi – Srono jalanan di lintas tengah pun banyak yang berlubang.

“Kita sudah melakukan koordinasi dengan instansi terkait tentang temuan kerusakan badan jalan di jalur nasional. Sekarang proses perbaikan telah dilakukan di jembatan Watudodol, Ketapang dan Rogojampi,” jelas mantan Kasatlantas Polres Situbondo, Kamis (4/5/2017).

Jalan yang rusak itu sangat rawan kecelakaan lalulintas. Termasuk di tikungan KM 15,4 Desa Bengkak, Kecamatan Wongsorejo dan KM 261-262 Wadung, Desa Kaligondo, Kecamatan Genteng. Dua tikungan itu termasuk area black spot.

“Rambu peringatan akan kita lengkapi di tingkungan ini untuk membantu pengguna jalan agar lebih berhati-hati. Terutama saat arus mudik yang diprediksi bakal padat kendaraan,” terangnya lagi.

Kawasan Simpang Tiga Lincing Rogojampi, Pelabuhan ASDP Ketapang plus Jalur Gunung Gumitir perbatasan Banyuwangi – Jember masuk daftar area kawasan rawan macet. Titik serupa, kata Iptu Yudhi Anugrah Putra SIK, bahkan terjadi di Pertigaan Srono KM 0, Pasar Tumpah Kalibaru Wetan maupun Kulon, serta Pasar Induk Genteng di Jalan Gajahmada Genteng.

“Khusus Pasar Tumpah Desa Rogojampi dan Wonosobo masuk kategori macet. Ini yang sangat patut diwaspadai,” tegas perwira pertama yang baru melangsungkan pernikahan.

Sementara KM 6-7 di depan Balai Desa Wonosobo, Kecamatan Srono; jalan raya depan SPBU Desa Mangir, Kecamatan Rogojampi; dan jalur di sekitaran Perum Griya Dadapan Indah Kabat masuk kategori rawan genangan air. Penyebabnya saluran irigasi yang tidak sempurna.

“Hasil survei sudah kita laporkan kepada pimpinan. Pemetaan sudah kelar dan perkembangan penanganannya akan kita pantau terus demi kenyamanan arus mudik Lebaran Idul Fitri nanti,” urai Kanit Regestrasi dan Identifikasi Satlantas Polres Banyuwangi.

Selain memetakan kerusakan jalan, Iptu Yudhi yang turun ke lokasi juga melihat dari dekat pohon tua yang kondisinya rawan roboh. Dahan pohon yang rawan patah juga masuk daftar pemangkasan agar tidak menimpa pengendara kendaraan yang lewat sehingga menyebabkan kemacetan lalulintas. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *