Server Error, Peserta Ujian Panwascam Tertunda 7 Jam di Kepulauan Sula

oleh -6 views

KEPULAUAN SULA,BeritaLima.com | Akibat server mengalami eror selama 7Jam, para peserta ujian tes socrative tertulis berbasis computer bagi calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Kepulauan Sula, hampir tidak terlaksana.

Beruntung selang 7 Jam lamanya server kembali normal hingga para peserta ujian kembali mengikuti ujian tes socrative tertulis berbasis computer tersebut.

Namun selama server mengalami eror para peserta ujian calon anggota Panwascam Pilkada Kepulauan Sula 2020 ini menunggu di depan ruang Cat Pemda Kepsul, mulai dari Pukul 13.30 Wib hingga Pukul 20.00 Wib.


Kepala Sekretariat Bawaslu Kepulauan Sula, Agus Fian Jambak, menjelaskan akibat erornya server di hari pertama. Peserta tes sesi kedua dan ketiga para peserta ujian harus menunggu lebih dari 7 jam.

“Ini diluar kemampuan kami, selaku panitia pelaksana. Tentunya kami mengharapkan pelaksanaan ujian tidak ada masalah atau kendala apapun,”tuturnya saat di wawancarai Reporter beritaLima.com, Jumat, (13/12) siang.

Agus mengatakan bahwa server ketika mau dibuka tidak bisa diakses, sehingga pelaksanaan tes di tunda hingga sekitar 7 jam lebih.

Kendalanya server dari Bawaslu RI mengalami kendala, namun dipastikan tes tetap akan dilaksanakan tiga sesi untuk hari pertama hingga Pukul 22.30 Wib.”jelasnya.

Lanjut Agus, menerangkan untuk tes tertulis berbasis komputer layaknya seperti tes computer assisted test atau Cat secara online.

“Itu lansung dari Bawaslu RI, makanya untuk hari pertama sesi kedua dan ketiga ini molor atau di tunda hingga pukul 20.00 Wib karena server di Bawaslu RI mengalami gangguan atau error,”sambungnya.

“Jumlah peserta yang ikut dalam tes CAT ini sebanyak 168 peserta dan dibagi dalam waktu dua hari dengan 3 sesi,”pungkas Agus. [DN]