Spektakulernya, Peringatan Hari Jadi Kota Pasuruan Ke-337

  • Whatsapp

Pasuruan Kota Madinah. Perayaan Hari Jadi Kota Pasuruan ke-337 berlangsung spektakuler. Kemeriahan acara itu tampak saat iring-iringan bak karnaval berjalan dari gedung Tourism Information Center (TIC) menuju gedung Harmonie. 08/02/2023

Seluruh masyarakat tumplek blek menyaksikan perhelatan akbar karena di tahun ini Hari Jadi Kota Pasuruan sengaja dikonsep agak berbeda. Yaitu dengan menggabungkan unsur sejarah dengan seni kontemporer masa kini. Tabuhan gamelan serta tarian terbang bandung mengiringi Wiroguno dan Wironini untuk mengantarkan “Pataka” ke atas panggung.

Pataka itupun diserahkan kepada Walikota Pasuruan, H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul). Untuk selanjutnya diberikan kepada Ketua DPRD, Ismail Marzuki Hasan untuk dibacakan.

“Dua tahun sudah kami menjabat. Banyak tantangan dan hambatan, terutama terbatasnya anggaran. Tetapi dengan kolaborasi dengan forkopimda, stakeholder, serta jajaran perangkat daerah, tantangan yang berat itu menjadi ringan. Dan kini wajah Kota Pasuruan sudah mulai berubah,” ujar Gus Ipul bangga

Tema hari jadi kali ini, adalah “Wujudkan Kota Pasuruan Bersih, Tertib dan Bangkit Lebih Cepat”. Dimana tema ini diangkat agar Kota Pasuruan kedepan menjadi kota yang bersih, tertib dan bangkit lebih cepat dari Covid-19, sehingga tidak ketinggalan dengan kota-kota lain.

“Ayo, masyarakat semua, bantu pemerintah untuk mewujudkan Pasuruan bersih dimulai dari rumahnya sendiri kemudian lingkungan sekitar. Lalu tertib untuk tidak parkir sembarangan di trotoar karena akan merusak fasilitas umum yang dibiayai oleh uang rakyat. Sebab trotoar di buat untuk memberi keamanan para pejalan kaki. Pedagang PKL juga harus menata gerobaknya dengan baik. Sedangkan bagi pejabatnya harus tertib administrasi. Mari kita bersama-sama membangun kesadaran ini,” imbuhnya

Gus Ipul juga mengatakan bahwa Kota Pasuruan pada tahun 2022 sudah mencetak berbagai prestasi.

“Dua tahun sudah saya menjabat, banyak tantangan dan hambatan terutama terbatasnya anggaran. Tetapi dengan kolaborasi dengan forkopimda, stakeholder, serta jajaran perangkat daerah sehingga yang berat menjadi hal yang mudah,” ujar Gus Ipul.

Acara yang dipusatkan di gedung Harmonie ini dimeriahkan dengan berbagai pertunjukkan kolosal mulai barongsai, drumband, alunan gamelan, tarian terbang bandung, petasan dan kembang api serta senam rekreasi atau goyang Pasuruan Resik bersama Wali Kota, jajaran forkopimda hingga melibatkan seluruh komponen masyarakat yang turut bergembira, menambah kemeriahan acara Hari Jadi Kota Pasuruan ke-337 ini.

Walau usia Kota Pasuruan menginjak ke-337. Namun tidak mengurangi semangat Kota Pasuruan untuk selalu berbenah diri dalam mewujudkan Kota Pasuruan sebagai Kota Madinah, Maju Ekonominya, Indah Kotanya, Harmoni Warganya.

Dalam momen ini, Gus Ipul juga meminta kepada seluruh undangan dan masyarakat Kota Pasuruan untuk bersama-sama menjadi Tuan rumah yang baik pada acara MTQ tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 ini.

“Saya mohon dukungannya terutama dalam penyelenggaraan MTQ yang akan datang. Saya ingin mengajak semua warga Kota Pasuruan untuk menjadi tuan rumah yang baik, ” katanya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang membantu menyukseskan acara ini.

“Untuk OPD yang telah bekerja keras menyelenggarakan acara ini, dengan suasana yang berbeda dengan tahun sebelumnya saya ucapkan terimakasih. Semoga tahun depan kita bisa menyelenggarakan lebih besar lagi. Dan juga kepada Ketua TP PKK Kota Pasuruan Fatma Saifullah Yusuf, saya juga ucapkan terimakasih karena ikut membantu menata dan menyukseskan pagelaran malam ini,” ucap Gus Ipul kepada isteri tercintanya.

Kemeriahan acara ini, selain dihadiri oleh jajaran forkopimda, seluruh OPD, para seniman juga hadir Bupati Pasuruan H.M. Irsyad Yusuf, S.E., M.MA (Gus Irsyad) yang juga merupakan adik kandung Gus Ipul.

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Pasuruan mengucapkan selamat Hari Jadi ke-337 dan sukses selalu kepada bapak Wali Kota dan jajarannya. Semoga Kota Pasuruan, semakin maju dan berkembang,” ucap Gus Irsyad

Acara ini ditutup dengan nyanyi bersama Wali Kota dan jajaran Forkopimda.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait