Sukamta Minta Pemerintah Dibawah Pimpinan Jokowi Basmi KKB Papua Merdeka

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Duka menyelimuti rakyat Indonesia setelah anggota TNI AD dari Komando Pasukan Khusus (Kopassus) asal Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, Letnan Satu Infanteri Erizal Zuhri Sidabutar gugur dan Sersan Dua Rizky luka parah baku tembak dengan Kelompok Kriminal Bensenjata (KKB) Papua Merdeka di Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Anggota Komisi I DPR RI membidangi pertahanan dan hubungan luar negeri, Sukamta dalam pernyataan tertulis melalui WhatsApp (WA) kepada awak media, Rabu (18/12) mengatakan, KKB Papua Merdeka harus cepat dibasmi.

“Sedih kembali terjadi baku tembak dan menelan korban jiwa akibat serangan dari KKB Papua Merdeka. Saya mengucapkan belasungkawa kepada keluarga pahlawan Indonesia, Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar. Semoga keluarga almarhum Erizal diberi kesabaran dan ketabahan,” ujar Sukamta.

Politisi senior Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mendoakan Serda Rizky segera diberikan kesembuhan dan bisa kembali bertugas. Sukamta juga mendesak pemerintah bertindak tegas dan segera membasmi KKB Papua Merdeka.

“Saya rasa pemerintah harus lebih serius memberantas KKB Papua Merdeka. Sama seperti sapu bersih teroris kelompok Santoso. Jangan sampai jatuh kembali korban.”

Wakil rakyat dari Dapil Provinsi Yogyakarta juga meminta pemerintah dibawah pimpinan Presiden Jokowi ini lebih aktif melakukan deradikalisasi terhadap kelompok-kelompok yang aktif dalam penggalangan opini, ideologisasi gerakan Papua Merdeka,” tegas pria lulusan UK ini.

Dikatakan, sepak terjang KKB Papua Merdeka ini semakin meresahkan akibat tidak ditangani secara serius. Akibatnyanya, bukan padam melainkan semakin membesar gerakan makar Papua Merdeka.

“Upaya memberantas gerakan harus dilakukan secara komprehensif mulai dari ideologi, penyebaran gerakan hingga tindakan hukum secara tegas,” jelas Sukamta yang juga Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI ini.

Selain meminta pemerintah, Sukamta juga berpesan kepada rakyat Indonesia khususnya orangtua.

“Kita harus meneladani perjuangan orang tua Lettu Inf Erizal Zuhry Sidabutar yang berhasil mendidik anak-anaknya. Tidak malu menyambi berkebun usai tugas kedinasan dan berdagang kue demi pendidikan terbaik anak-anaknya,” tutup Sukamta.

Erizal Sidabutar merupakan anak kedua dari Aiptu Rukur. Almarhum mengenyam pendidikan di Akmil 2011-2015. Dan, saat ini bertugas di Satuan Penanggulangan Teror Kopassus, Jakarta. Dua saudara kandung Erizal juga merupakan perwira TNI jebolan Akademi Militer. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *