Tasyakuran dan Petik Laut, Wabup Pamekasan Ajak Nelayan Bangkit untuk Bersatu

  • Whatsapp

PAMEKASAN, Beritalima com| Tasyakuran merupakan rangkaian acara petik laut warga Dusun Kotasek, Desa Tanjung, kecamatan Pademawu, kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur. Kamis(10/11/2022), siang.

Pada acara tersebut langsung dihadiri oleh Wakil Bupati Pamekasan,Fattah Jasin dan kepala Desa Tanjung Zabur, bersama para tokoh setempat dan masyarakat nelayan setempat.

Bacaan Lainnya

Sambutan Wakil Bupati Pamekasan, Fattah Jasin mengatakan, sangat mengapresiasi adanya acara petik laut di Desa Tanjung.

Selain itu juga petik laut merupakan bagian dari tradisi kultur budaya yang masih melekat pada masyarakat nelayan khusunya warga nelayan pesisir.

“Niatnya bersyukur, semakin banyak bersyukur atas nikmat yang sudah dicapai maka rejeki akan semakin lancar. Tentu dengan tasyakuran para nelayan slamet makmur dan sejahtra hidup sentosa,”ucap saat dikonfirmasi langsung di Dusun Kotasek Desa Tanjung. Kamis(10/11/2022), siang.

Fattah Jasin juga mengajak kepada warga nelayan untuk selalu bangkit dan bersatu demi kesejahteraan bersama.

Dari beberapa sektor yang harus di benahi bersama untuk menggapai kemakmuran para nelayan.

“Bersatu bangkit para nelayan untuk bisa mandiri. Caranya membuat sebuah koperasi kelompok, baru setelah itu menentukan arah pemasaran yang mandiri, hingga memiliki Tempat Pelelangan Ikan(TPI) sendiri,”jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala Desa Tanjung, Zabur, akan selalu mendukung sepenuhnya. kegiatan warganya apapun itu bentuknya.

Kegiatan petik laut ini merupakan acara tradisi tahunan masyarakat Tanjung dengan tujuan untuk mempererat silaturrahmi antar nelayan dan pihak pemerintah Desa.

“Adapun tujuan dari tasyakuran ini untuk menjaga keselamatan dan meminta rejeki khususnya untuk para nelayan Dusun Kotasek,”imbuhnya.

Bunadi ketua panitia pelaksanaan Petik Laut, mengungkapkan, bahwa pada rangkaian acara besok hari Jumat Tanggal 11/11/2022, yakni acara inti yaitu larung perahu kecil yang akan diikuti dari 58 perahu untuk meramaikan petik laut.

Selain itu pada malam harinya akan di isi dengan berbagai hiburan tradisional khas Madura, hal itu untuk menyongsong dan menyambut warga para nelayan sekitar.

“Besok kami bersama para nelayan sebanyak 58 Sampan(Perahu) akan melakukan parade pawai mengitari laut disepanjang pesisir Jumiang,”terangnya.

“Semoga tidak ada hambatan dan halangan apapun demi suksesnya acara kami. Doa kami ke depan, dengan adanya acara ini para nelayan pendapatannya ikannya akan semakin berlimpah dan rejeki lancar,”pungkasnya.(AY)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait