Tips Buka Usaha Modal Kecil Bisa Datangkan Banyak Keuntungan

  • Whatsapp

JAKARTA, beritalima.com|
Pasca pandemi Covid-19, kondisi perekonomian mulai menggeliat kembali. Banyaknya pengangguran akibat terdampak PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), mulai terbersit ide-ide untuk membuka usaha mandiri. Sayangnya, disamping kurangnya pengalaman dan modal yang pas-pasan, pelaku UMKM tersebut menemui banyak kendala.

Karena itu, kalau ingin memulai usaha mandiri, sebaiknya mendirikan usaha dengan modal kecil terlebih dahulu, namun punya peluang yang bagus. Cara ini dilakukan agar anda bisa meraup banyak uang dan cepat balik modal.

Penasaran, apa saja sih ide usaha dengan modal kecil namun bisa meraup banyak cuan? Simak pembahasannya secara lengkap dalam artikel berikut ini.

Ide Usaha dengan Modal Kecil
Saat ini, sudah banyak ide usaha dengan modal kecil yang bisa mendulang banyak keuntungan. Biar nggak penasaran, simak sejumlah ide usaha modal kecil yang lagi tren di bawah ini.

1. Minuman Kekinian
Masyarakat Indonesia termasuk orang yang suka jajan, salah satunya adalah membeli minuman. Maka dari itu, banyak pelaku usaha yang mulai mendirikan usaha minuman kekinian dengan harga yang relatif murah.

Anda bisa membuka usaha minuman kekinian sesuai target pasar yang dituju, misalnya aneka teh, es kopi susu, minuman rasa buah-buahan, atau varian minuman lainnya.

2. Camilan dan Makanan Ringan
Kurang lengkap rasanya bila membeli minuman namun tidak dibarengi dengan camilan. Nah, saat ini juga sudah menjamur pengusaha yang fokus menjual camilan dan makanan ringan.

Karena modalnya kecil, maka anda bisa memanfaatkan sejumlah bahan dasar yang mudah didapat, seperti kentang, singkong, atau ubi untuk dibuat menjadi keripik.

3. Usaha Makanan Beku
Bisnis makanan beku atau frozen food juga cukup menggiurkan. Sebab, banyak masyarakat yang ingin memasak dengan praktis dan cepat, sehingga frozen food menjadi salah satu pilihan.

Beberapa jenis bahan makanan yang bisa dijual dalam bentuk beku seperti sosis, nugget, daging ayam olahan, daging sapi, hingga ikan.

4. Bisnis Katering
Masih seputar makanan, mendirikan usaha katering juga cukup menjanjikan. Agar berbeda dari para pesaing, anda bisa mendirikan bisnis katering dengan mengutamakan kebersihan dan kesehatan, sehingga dapat menarik minat konsumen.

5. Barbershop
Bagi para kaum pria, barbershop atau tempat pangkas rambut sangat dibutuhkan. Di zaman sekarang, memang sudah banyak berdiri barbershop dengan harga bervariatif, mulai dari yang murah hingga mahal.

Karena punya modal yang terbatas, anda bisa mendirikan usaha ini di rumah. Namun, jangan lupa untuk menunjang fasilitas yang baik agar pelanggan balik lagi.

6. Bisnis Jahit Pakaian
Ide usaha dengan modal kecil selanjutnya adalah bisnis jahit pakaian. Cukup membeli mesin jahit sederhana, benang, jarum, dan meteran untuk badan, anda sudah bisa mendirikan usaha jahit pakaian di rumah.

7. Bisnis Laundry
Bagi sebagian orang, bisnis laundry atau jasa cuci pakaian butuh modal yang besar. Padahal, kamu tetap bisa menjalankan bisnis ini dengan modal kecil.

Caranya, kamu bisa bekerja sama dengan bisnis laundry yang sudah cukup besar. Di sini, anda cukup berperan sebagai pihak yang mencarikan pelanggan laundry, menjadikan rumahmu sebagai lokasi menampung pakaian-pakaian pelanggan, atau menyetrika dan melipat baju. Dari situ, anda bisa mendapatkan komisi per pesanan atau per potong pakaian.

8. Jasa Cuci Sepatu
Selain laundry pakaian, bisnis laundry sepatu juga sedang ramai di kalangan masyarakat. Soalnya, banyak orang yang tak sempat mencuci sepatu sendiri atau takut melakukan kesalahan sehingga merusak sepatu.

9. Jasa Cuci Motor
Bisnis yang satu ini sebenarnya sudah tersebar di mana-mana. Tapi, tidak ada salahnya bagi pemula seperti anda untuk mendirikan usaha cuci motor, namun sebisa mungkin usaha anda harus lebih baik dari segi pelayanan, kebersihan, harga, dan tempat menunggu agar pelanggan puas.

10. Bisnis Preloved
Punya pakaian bekas yang masih bagus namun sudah tidak dipakai? Jangan dibuang dulu, karena pakaian tersebut bisa dijual kembali dan mendapat cuan. Bisnis ini bernama preloved, di mana anda menjual sejumlah pakaian bekas tapi dengan kualitas masih bagus.

Nggak perlu bingung harus menyewa ruko untuk berjualan, karena bisnis preloved bisa dilakukan secara online. Cukup foto dan unggah ke media sosial, lakukan promosi, dan tunggu para pelanggan datang untuk membeli pakaianmu.

11. Fotocopy dan Print
Apabila memiliki tempat tinggal di dekat sekolah atau universitas, membuka bisnis fotocopy dan print merupakan hal yang tepat. Sebab, banyak mahasiswa yang membutuhkan jasa fotocopy dan print untuk mencetak tugas, karya ilmiah, hingga skripsi.

12. Jasa Ketik atau Pengetikan
Jasa yang satu ini juga dibutuhkan oleh sebagian orang, terutama bagi mereka yang tak punya waktu banyak untuk mengetik di laptop atau komputer. Modalnya juga tidak besar, jika anda sudah punya komputer atau laptop di rumah, langsung saja tawarkan jasa ketik kepada teman-teman.

13. Reseller
Bisnis reseller juga telah menjamur di mana-mana. Sebab, anda hanya membutuhkan modal minim untuk menyetok barang yang akan dijual. Selain itu, nggak perlu membutuhkan biaya untuk produksi, sehingga keuntungan yang didapat bisa lebih besar.

14. Dropship
Selain menjadi reseller, kamu juga bisa menjalankan usaha sebagai dropship. Bisnis ini memungkinkan untuk menjual barang tanpa banyak modal.

Cara kerjanya, anda cukup menjual produk orang lain tanpa perlu menyimpan stok sendiri. Modal yang diperlukan sebagai dropship sangat sedikit, namun harus kompeten dalam hal memasarkan produk orang lain tersebut.

15. Usaha Jastip
Usaha jasa titip atau jastip tumbuh seiring meningkatnya kebutuhan orang untuk belanja, tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk datang langsung ke lokasi atau lokasi penjual terlalu jauh. Nah, konsumen ini akan menggunakan jasa titip untuk membeli barang-barang sesuai spesifikasi yang diinginkan.

Kamu tidak perlu banyak modal untuk membuka usaha jastip. Namun, pastikan anda bersikap jujur dan kompeten sebagai pelaku jastip agar konsumen percaya.

16. Bisnis Parsel atau Hampers
Menjelang hari raya besar seperti Idul Fitri atau Natal, banyak masyarakat yang mencari jasa parsel atau hampers. Modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis ini tidak besar, namun diperlukan tingkat kreativitas yang tinggi agar hasil parsel atau hampersnya bagus.

17. Tanaman Hias
Bisnis tanaman hias bisa menjadi salah satu ide usaha yang menjanjikan. Karena modal yang dimiliki belum banyak, maka bisa mulai dengan menjual tanaman hias yang perawatannya tidak terlalu sulit.

18. Cloud Kitchen
Bisnis yang satu ini terbilang cukup baru dan mulai banyak ditekuni oleh pelaku usaha. Sebagai informasi, cloud kitchen merupakan dapur bersama yang bisa digunakan oleh pelaku usaha kuliner dengan modal kecil.

Jadi, pelaku usaha kuliner menyewa tempat pada penyedia cloud kitchen dan mendapatkan fasilitas yang lengkap dalam satu biliknya. Bisnis ini hanya melayani pesan antar dan bukan makan di tempat (dine in), sehingga jauh lebih hemat.

19. Warung Kopi (Warkop)
Walaupun sudah banyak bermunculan kedai kopi kekinian dengan desain estetik, namun keberadaan warung kopi atau warkop tetap jadi pilihan utama sejumlah masyarakat. Agar menarik banyak pelanggan, kamu bisa menyediakan tempat yang bersih dan nyaman, serta beragam menu makanan dan minuman yang enak dan berbeda.

20. Suvenir Pernikahan
Ide usaha dengan modal kecil yang terakhir adalah mendirikan bisnis suvenir pernikahan. Sebaiknya, pilih suvenir yang tidak begitu rumit dalam proses pembuatannya, contohnya gantungan kunci dan tempat pensil dari bahan kain.

Cara ini dilakukan untuk meminimalisir modal yang dikeluarkan dalam membuat suvenir. Pastikan kualitas suvenir yang dibuat dalam kondisi baik, sehingga pelanggan merasa puas.

Tips Mendirikan Usaha Kecil
Banyak masyarakat yang berniat untuk mulai mendirikan bisnis kecil. Sayangnya, sejumlah orang kurang teliti dan tidak paham bagaimana mengelola bisnis yang baik dan benar.

Dilansir situs CIMB Niaga, simak sejumlah tips mendirikan usaha kecil di bawah ini.

1. Perencanaan
Hal yang wajib dilakukan sebelum mendirikan usaha adalah membuat perencanaan. Pastikan anda sudah menentukan nama usaha, lokasi usaha, dan business plan selama beberapa tahun ke depan.

2. Legal
Jangan lupa untuk mendaftarkan bisnis anda agar dinyatakan legal. Di Indonesia, usaha kecil dan menengah sudah diwajibkan memiliki Nomor Izin Berusaha (NIB). Dengan adanya NIB, kamu akan lebih mudah untuk mengembangkan usaha lebih besar lagi serta mendapatkan program bantuan dari pemerintah.

3. Finansial
Hal yang satu ini juga nggak kalah penting. Pastikan Anda sudah memiliki modal yang cukup untuk mendirikan usaha skala kecil. Untuk mendapatkan pendanaan, kamu bisa mencarinya dari modal pribadi, pinjaman, investor, atau kerja sama dengan pendiri usaha lainnya.

4. Pemasaran dan Promosi
Yang terakhir adalah melakukan pemasaran dan promosi usaha, hal ini termasuk ke dalam strategi pemasaran dan penjualan. Anda bisa memanfaatkan berbagai media sosial seperti Instagram, TikTok, Twitter, dan Facebook agar usaha kecil yang anda rintis bisa berkembang.

Nah, itu dia pembahasan mengenai 20 ide usaha dengan modal kecil yang bisa meraup banyak cuan. Semoga artikel ini bisa membantu yang ingin memulai usaha mandiri.(Yul)

beritalima.com

Pos terkait