TNI KIRIM Helikopter Dauphin AS 365 N3 HR-3601 Dukung Satgas Misi PBB

  • Whatsapp

Maritime Task Force (MTF) TNI United Nations Interim Forces in Lebanon (UNIFIL) merupakan salah satu satuan tugas (Satgas) TNI dalam mendukung tugas misi perdamaian PBB diperkuat dengan helikopter jenis Dauphin AS 365 N3 dengan nomor HR 3601 akan diangkut menggunakan pesawat kargo Antonov AN-124 milik Rusia menuju Lebanon di Pangkalan Udara Juanda Surabaya. Demikian disampaikan Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Pada kesempatan tersebut Kapuspen TNI Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah mengatakan bahwa pengiriman helikopter jenis Dauphin AS 365 N3 dengan nomor HR 3601 dilakukan dalam rangka menunjang pelaksanaan tugas Satgas MTF TNI UNIFIL.

Dalam kesempatan tersebut Kapuspen TNI menyampaikan bahwa penyiapan helikopter jenis Dauphin AS 365 N3 dengan nomor HR 3601 telah melalui tahapan Pre Deployment Visit (PDV) yang telah melibatkan delegasi PBB yang datang ke Indonesia dalam rangka mengecek kesiapan hellikopter dan dinyatakan telah memenuhi standar kualifikasi PBB.

Menurut Kapuspen TNI, proses embarkasi pesawat helikopter jenis Dauphin AS 365 N3 dengan nomor HR 3601 dalam rangka mendukung satgas MTF TNI UNIFIL telah dapat dilaksanakan sekitar pukul 17.15 WIB dan berlangsung dengan aman dan lancar. “pengiriman pesawat heli tersebut menunjukkan keseriusan dan komitmen dari Indonesia untuk memberikan yang terbaik bagi PBB”, ucapnya.

Sementara itu Kapuspen juga menambahkan bahwa pada bulan Agustus 2018 ini, direncanakan akan diberangkatkan Satgas Kizi TNI Konga XXXVII-D/E Multidimensional Integrated Stabilization Mission in Central Africa Republic (MINUSCA) di Central African Republic (CAR) sejumlah 180 personel.

Kapuspen TNI juga mengatakan bahwa akan dilakukan rotasi dari Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/UNIFIL dibawah kepemimpinan Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H.,M.Si. akan digantikan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-K/UNIFIL yang melibatkan KRI Sultan Hasanuddin-366 dengan Komandan Letkol Laut (P) Cecep Hidayat, M.Si.

Lebih lanjut Mayjen TNI M. Sabrar Fadhilah menuturkan bahwa rotasi Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/K UNIFIL akan diberangkatkan pada akhir bulan Agustus 2018 melibatkan KRI Sultan Hasanuddin-366, kapal perang jenis perusak kawal berpeluru kendali kelas SIGMA.

Adapun dalam pelaksanaan rotasi rute yang akan ditempuh KRI Sultan Hasanuddin-366 yaitu Surabaya-Jakarta-Belawan- Colombo-Salalah-Jeddah-T,Suez- Beirut.

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *