Trenggalek Kembali Terima Penghargaan Bupati Sahabat Anak dan Natamukti

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima. com

Dipenghujung tahun 2018 ini, kembali dua penghargaan diterima Pemkab Trenggalek, Jawa Timur. Pertama adalah penghargaan Apresiasi Mitra dari Unicef kepada Bupati Trenggalek dan yang ke dua adalah penghargaan Natamukti pada International Council for Small Business (ICSB) Indonesia City Awards, pada Kamis 15 Nopember 2018.

Penghargaan bagi Bupati Dr. H. Emil Elestianto Dardak, M.sc diserahkan oleh Deputy Representatif Unicef Robert Gass. Atas perannya dalam mempromosikan hak anak, Bupati Muda ini dinyatakan sebagai Bupati Sahabat Anak.

Pada penerimaan penghargaan yang berlangsung di Convention Hall Oak Wood Hotel Surabaya kemarin, juga berlangsung High Level Meeting and Multi Stakeholders Panel 100 % Profit : Komitmen Bersama Jawa Timur Melanjutkan Investasi pada Kesehatan Anak.

Dalam acara tersebut Bupati Emil Dardak, anak itu generasi penerus bangsa. Dipundak mereka masa depan dipercayakan, sehingga harus benar-benar diperhatikan terkait hak-hak mereka.

” Hak-hak anak harus benar-benar diperhatikan dan terpenuhi karena akan mempengaruhi bagaimana perkembangan si anak kedepannya utamanya kesehatan serta pendidikan mereka, ” jelas Emil pada awak media.

Menurutnya, prioritas yang harus benar – benar diperhatikan bagi anak adalah gizi sekaligus pendidikannya, orang tua dan semua stake holder berkewajiban yang sama dalam membangun aset bangsa tersebut.

“Anak yang cerdas dan sehat adalah aset bangsa yang kedepannya menentukan kemajuan suatu bangsa”, tandasnya.

Sementara di hari yang sama namun ditempat berbeda, penghargaan Natamukti diterima oleh Wakil Bupati Trenggalek H. Mochammad Nur Arifin dalam acara penganugerahan di Graha Widyabakti Gedung 123 Kawasan Puspitek Serpong Tangerang Selatan.

Penghargaan diberikan pada puncak rangkaian Gebyar UKM Indonesia tahun 2018 di Tangerang Selatan. diserahkan oleh Menteri KUKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga didampingi Presiden ICSB Indonesia Hermawan Kertajaya.

ICSB menilai bahwa sebagai roda penggerak perekonomian utama di Indonesia, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) menjadi perhatian pemerintah dan Lembaga internasional saat ini. Ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak seperti praktisi bisnis, akademisi, dan peneliti.

Selain itu, peran pemerintah daerah dalam mendukung UMKM menjadi pilar pendorong utama ekonomi lokal. ICSME sebagai pemandu (host organization) ICSB Indonesia, Bersama Kementerian KUKM (Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah) menginisiasikan sebuah penghargaan Piala Natamukti sebagai apresiasi kepada kota dan atau kabupaten yang berhasil mendorong keberlangsungan UMKM di daerah masing – masing.

“Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi kepada daerah yang berhasil mengembangkan ekonomi kerakyatan serta UMKM diwilayahnya, ” ungkap Gus Ipin panggilan akrab dari Wabup tersebut.

Natamukti diberikan kepada kota dan atau kabupaten yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas serta mambangun ekosistem UMKM di daerahnya.

“Selamat buat semua pelaku UMKM yang sudah berjuang membanggakan Trenggalek, saya hanya mewakili mereka menerima penghargaan dari ICSB Indonesia ini,” pungkas Wabup Nur Arifin. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *