Tujuh PTS Muhammadiyah LLDIKTI IX Jadi Peserta Workshop Pengelolaan Manajemen Reputasi

  • Whatsapp

JOKYAKARTA. Workshop Pengelolaan Manajemen Reputasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah –Aisyiyah Berkemajuan yang dilaksanakan Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan PP Muhammadiyah di Yogyakarta Rabu – Sabtu (10-13 Oktober 2018) dibuka Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof Dr H Lincolin Arsyad,M.Sc, Ph.D.

Dari 33 pimpinan perguruang tinggi Muhammadiyah yang mengikuti pelatihan ini, 7 perguruan tinggi swasta diantaranya berada dalam lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi.

Ke-7 perguruan tinggi tersebut, yakni Universitas Muhammadiyah Buton, Universitas Muhammadiyah Gorontalo, Universitas Muhammadiyah Kendari, Universitas Muhammadiyah Luwuk, Universitas Muhammadiyah Paru, Universitas Muhammadiyah Parepare serta Universitas Muhammadiyah Makassar.

Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Dr H Lincolin Arsyad, dalam acara pembukaan mengatakan, workshop pengelolaan manajemen reputasi bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Universitas Aisyiyah di era disrupsi ini sangat penting dan sangat strategis.

Dengan workshop ini PTMA diharapkan mampu menjawab tantangan zaman karena perubahan teknologi dan komunikasi yang saat ini begitu dahsat perkembangannya. PTMA diharapkan mampu secara bijak mensikapi perubahan zaman tersebut dengan melakukan manajemen perubahan yang terencana.

Salah satunya sebut Prof Lincolin adalah melalui pengelolaan reputasi PTMA yang sesuai dengan perubahan zaman. Oleh karena itu komunikasi dan team work internal dan antar PTMA perlu dikelola secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan.

“Ilmu manajemen pengelolaan reputasi bagi PTMA bukan untuk sekadar dipahami sendiri tetapi apa yang diperoleh selama worshop dapat ditularkan kepada teman-teman di kampus. Ilmu yang diperoleh bukan sebatas untuk dipahami saja tetapi untuk disosialisasikan agar ilmu ini lebih bermanfaat adanya,”harap Prof Lincolin.

Prof Lincolin berpesan bahwa di era disrupsi ini persaingan antar perguruan tinggi sangat ketat. Persaingan ini tidak hanya antara perguruan tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah tetapi juga bersaing dengan 4500-an perguruan tinggi di Indonesia belum lagi dengan perguruan tinggi dari luar negeri.

Karena itu, untuk bisa bersaing maka perguruan tinggi tersebut harus terus meningkatkan mutunya sehingga bisa beradaptasi dengan perkembangan dan kemajuan teknologi dan komunikasi.

Berbicara tentang persaingan, sebut Prof Lincolin, kata kuncinya adalah mutu, kualitas. Dan tidak ada satupun perguruan tinggi termasuk perguruan tinggi dalam lingkup persyarikatan Muhammadiyah yang bisa bersaing kalau tidakberkualitas.

“Jangan ada perguruan tinggi di Muhammadiyah karena akreditasinya sudah A lalu mereka sombong. Akreditasi itu bisa hilang se waktu-waktu ketika perguruan tinggi tersebut tidak hati-hati. Saya berharap perguruan tinggi lingkup Muhammadiyah kedepan tidak hanya unggul dalam lingkup PTS tetapi juga bisa mengungguli perguruan tinggi terkemuka lainnya di negeri ini, seperti UGM, ITB, IPB, UI dan lainnya,”kunci Prof Lincolin Arsyad. (nasrullah)

Ft: Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah, Prof Dr H Lincolin Aryad (tengah) saat membuka workshop manajemen pengelolaan reputasi PTMA di Hotel Jayakarta, Yogyakarta.-nasrullah-

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *