Unicef : Distrik Sawiat Wilayah Percontohan ODF Di Papua Barat

  • Whatsapp

TEMINABUAN, Berita lima.com – Wabup Sorsel Drs Marthinus Salamuk serahkan penghargaan dari Unicef Tanah Papua bagi Kepala Distrik Sawiat,dan 8 Kepala kampung sedistrik sawiat yang dinyatakan sebagai Disrik dan kampung percontohan Open Defecation Free (ODF) atau distrik yang dinyatakan Bebas Buang Air Besar sembarangan.
Penyerahan ini diberikan oleh wakil bupati dan sejumlah muspida kepada 8 Kepala kampung. sedangkan kepala distrik sawiat Sakeus Salamuk menerima penghargaan yang diserahkan lansung oleh Wash Officer Unicef Tanah Papua Muhammad Afrianto,ST.MSc.

Acara penyerahan penghargaan ini diawali dengan pelaksanaan Deklarasi yang dilakukan oleh sejumlah warga distrik sawiat di halaman kantor kampung sawiat belum lama ini.
Dalam Deklarasi ini sejumlah warga menyatakan warga distrik Sawiat dengan 8 kampungnya ,mulai saat itu tidak melakukan buang air besar sembarangan.

Turut hadir dalam acara ini Wakapolres Sorong Selatan Kompol Bidik Risaladi,SE,Wadanramil Teminabuan Kapt.Infantri.Ahmad Hairil,Wash Officer Unicef Tanah Papua Muhammad Afrianto,ST.MSc, kepala kantor Kementerian Agama RI kantor kab sorsel Drs D.M.Syaranamual,MPd ,Pimpinan SKPD ,sejumlah kepala distrik,aparat kampung sedistrik sawiat,serta warga masyarakat.

Wash Officer Unicef Tanah Papua Muhammad Afrianto,ST.MSc dalam sambutanya menjelaskan penghargaan ini diberikan karena kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari pembangunan,yaitu merubah perilaku masyarakat, Selain itu jelasnya Unicef adalah lembaga PBB yang mewakili masyarakat dunia yang memiliki kepedulian kepada permasalahan anak anak termasuk perubahan perilaku ini.

Lebih lanjut Aprianto menambahkan Kegiatan ini adalah Deklarasi distrik pertama yang dilakukan pertama seprovinsi papua barat yang menyatakan masyarakatnya tidak buang air besar sembarangan Jelasnya pula ini adalah capaian yang luar biasa dan perlu dirayakan bersama sama.

Sementara itu wakil bupati sorong selatan Drs Marthinus Salamuk dalam sambutanya menegaskan prilaku buang air besar sembarangan sangat tidak baik dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit untuk itu dirinya berharap dengan digelar deklarasi ini hendaknya semua rumah memiliki jamban masing masing.

Ditambahkanya sanitasi sangat penting dalam dunia kesehatan, untuk itu warga diminta menjaga kesehatan baik kesehatan diri maupun kesehatan lingkungan
dirinya mengharapkan keterlibatan semua pihak untuk bersama sama menjaganya,lebih lanjut dirinya meminta semua warga untuk menjaga kesehatan karena kesehatan mahal harganya untuk itu dirinya mengajak semua pihak untuk mencegah masuknya berbagai macam penyakit.

Selain itu ungkapnya mulai saat ini hendaknya para kepala kampung mendata rumah warga yang belum memiliki Jamban agar kedepan dapat dibangun dengan menggunakan dana kampung.

Dalam acara ini juga digelar demonstrasi mencuci tangan pakai sabun yang dilaksanakan oleh puluhan siswa SD Negeri sawiat hal ini dilakukan Sebagai langkah seruan untuk membiasakan diri mencuci tangan memakai sabun.

Diakhir acara Muspida dan tokoh masyarakat distrik sawiat melepas puluhan balon udara sebagai bentuk merayakan peristiwa ini.selain itu , juga disajikan sejumlah tari tarian distrik sawiat yang dipersembahkan oleh muda- mudi kampung sawiat. (EB)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *