Usman Helembo Putra Terbaik Yahukimo Gugur Sebagai Pahlawan Pembangunan Papua

oleh -33.614 views

TIMIKA, beritalima.com I Dialah sosok pahlawan pembangunan papua yang gugur dalam serangan keompok sipil bersenjata di Kampung Yuguru Kabupaten Nduga, Jumat (19/07), Usman Helembo yang diketahui merupakan putra asli suku Yali di Kabupaten Yahukimo Provinsi Papua.
Dilahirkan di Sanggal Puno, 01 Mei 1996 atau 23 tahun silam, Almarhum Usman Helembo adalah putra dari Almarhum Isei Helembo, yang juga baru saja dipanggil Yang Maha Kuasa pada bulan Januari 2019 silam dan Mama Yohana Hubusa. Almarhum adalah putra pertama dari tiga bersaudara dan menjadi Kaka untuk Yonen Helembo (7) dan Yoince Helembo (4).
Almarhum berasal dari rumah kediamannya di Kampung Sanggal Puno Distrik Angkruk Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua dan merupakan salah satu warga umat protestan yang setia pada Tuhan dan taat beribadah di kalangan keluarga, teman dan lingkungan sosial masyarakatnya.Almarhum Usman Helembo dikenal sebagai sosok baik hati yang berbakti terhadap orang tua, loyal terhadan kawan, suka menolong dan selalu gigih dalam ingin mencapai apa yang diharapkannya.
Lulusan sekolah dari SD Impres Sanggal Panu pada tahun 2012, almarhum melanjutkan studi dan lulus SMP Ubahak Tahun 2015. Bahkan langsung melanjutkannya dengan mengikuti tes masuk TNI AD dan berhasil diterima sebagai siswa Dikmata Tahun 2017 Gelembong -II dan berhasil dilantik pada 01 September 2017 di Rindam XIV/Cendrawasih dan memulai karirnya sebagai Prajurit TNI berpangkat Prada.
Almarhum Usman Helembo di kalangan rekan satu angkatan dan seniornya, dikenal sebagai pribadi yang ulet dan rajin serta loyal terhadap atasan. Juga tak pernah lalai dalam menjalankan kewajiban ibadahnya sebagai orang yang percaya.
Pratu Anumerta Usman Halembo, gugur sebagai Pahlawan Pembangunan Papua di Distrik Yuguru Kabupaten Nduga Papua, Sabtu (20 Juli 2019) Pukul 14.10 WIT akibat serangan Kelompok Sipil Bersenjata. Meninggal dunia, saat Almarhum sedang melaksanakan tugas negara, mengawal pembangunan Strategis Nasional Trans Papua.
Almarhum Usman Helembo dimakamkan di TMP Wamena, Senin ( 22/07) hari ini dengan upacara kebesaran militer. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Pangdam XVII/Cen, Mayor Jenderal TNI Yosua Pandit Sembiring, S.I.P.

(indra/sam)

www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com
www.beritalima.com

www.beritalima.com