Wabup Achmad Fauzi: “Semua Pihak Harus Promosi Wisata Sumenep

oleh -55 views

SUMENEP, beritalima.com|Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS di lingkungn Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep harus ikut andil menjadi penggerak pembangunan pariwisata di daerah.

Wisata pantai Salopeng Sumenep senja hari

“ASN mempunyai peran sangat penting mendukung pemerintah daerah di bidang kepariwisataan, sebagai wujud untuk mendorong menyukseskan program pembangunan pariwisata,” kata Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Achmad Fauzi, SH, Rabu (11/12/2019).

Dia menyatakan, ASN Pemkab Sumenep bisa melakukan berbagai upaya untuk membantu pembangunan pariwisata, di antaranya aktif memberikan informasi kegiatan wisata atau promosi objek wisata di daerah melalui sarana media sosial miliknya.


“Promosi melalui media sosial adalah cara efektif untuk memperkenalkan kekayaan budaya dan pariwisata daerah, bahkan dengan media sosial itu memberikan efek yang luar biasa bagi perkembangannya,” tegas Politisi PDI Perjuangan ini.

Wabup mengungkapkan, bentuk sumbangsih ASN mempromosikan wisata melalui media sosial ini, dengan cara mengunggah konten-konten menarik berupa teks, foto objek wisata, video dan audio.

“Saya harapkan ASN dengan media sosialnya ikut aktif mempromosikan objek wisata termasuk rangkaian kegiatan kunjungan wisata (Visit Sumenep) yang diadakan setiap tahun, sehingga para ASN ikut memberi sumbangsih menyukseskan program daerah,” paparnya.

Pihaknya meyakini promosi yang dilakukan ASN Pemkab Sumenep di masing-masing media sosialnya, jelas memberikan kontribusi yang signifikan terhadap perkembangan pariwisata.

Karena promosi di media sosial dengan bermacam konten yang berkarakteristik mempunyai peran penting untuk membentuk minat masyarakat terhadap informasi objek wisata di daerah.

“Yang jelas, promosi yang optimal dengan melibatkan ASN, masyarakat dan media massa mampu menggenjot kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara ke Kabupaten Sumenep, guna meningkatkan pendapatan dan kualitas hidup masyarakat,” papar Wabup.

Wabup menambahkan, potensi objek wisata di daerah tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia, mengingat Kabupaten Sumenep yang berusia 750 tahun, mempunyai beragam keistimewaan termasuk objek wisatanya, seperti wisata budaya dan arsitektur, wisata religi, wisata alam, wisata bahari disebut juga wisata laut, wisata seni budaya, wisata konservasi dan wisata minat khusus.

“Saat ini, ASN dengan kesadaran pribadinya sudah ada yang mengekspos objek wisata di media sosial, namun diharapkan tahun selanjutnya, ASN lebih banyak lagi mengunggah objek wisata daerah termasuk rangkaian kegiatan wisata lainnya,” pungkas Wabup Achmad Fauzi.

(MC/ An)