Wabup KSB Ajak Provinsi Bersinergi KotaKabupaten Atasi Kemiskinan

  • Whatsapp

MATARAM NTB,beritalima.com| Bertempat di ruang pertemuan Harian Suara NTB, Wakil bupati sumbawa barat Fud syaifuddin, ST, menghadiri diskusi terbatas bersama para wakil bupati se-NTB. Pertemuan tersebut membahas tentang progres penanganan kemiskinan di NTB. Hadir mewakili wakil gubernur penjabat sekda NTB Bapak Iswandi pada kamis pagi, 17 oktober 2019.

Dalam penanganan kemiskinan pemerintah, provinsi NTB menggunakan pendekatan penanganan kemiskinan dari Desa. Data terakhir BPS telah merilis bahwa penurunan angka kemiskinan di NTB hanya sebesar 0,07%. Salah satu faktor perlambatan penurunan kemiskinan tersebut adalah adanya gempa bumi pada tahun 2018 yang lalu.

Wakil Bupati Sumbawa Barat dalam diskusi tersebut mengemukakan bahwa, Kabupaten Sumbawa Barat merupakan penyumbang paling tinggi angka penurunan kemiskinan diantara kabupaten/kota se- NTB yaitu 1,79%. Di Kabupaten Sumbawa Barat hanya tinggal 3,32% saja masyarakat yang miskin dan mereka sudah kami bantu dengan memberikan santunan Rp.250.000/kepala keluarga yang dananya tidak dari APBD melainkan dari donatur-donatur yang tidak mengikat.

Wabup juga menekankan bahwa harus ada sinergisitas antara Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kabupaten. Untuk menangani seluruh indikator kemiskinan yang ada, Kedua stakeholder ini harus duduk bersama untuk mensinergikan program, menentukan mana yang menjadi kewajiban provinsi dan mana yang menjadi kewajiban Pemerintah Kabupaten. Kemudian ditindaklanjuti dengan kerja nyata.(humpro/RR)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *