Wabup Sumenep: Vaksin Bukan Untuk Mengobati Tapi Untuk Mencegah

  • Whatsapp
Gelaran Vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid - 19 dibalai desa Pinggir Papas Kecamatan Kalianget Sumenep Madura Jawa Timur

SUMENEP, beritalima.com| Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Kholifah,S.Pdi, SH, MH, meninjau langsung Gelaran Vaksinasi untuk mencegah penyebaran Covid – 19 dibalai desa Pinggir Papas Kecamatan Kalianget Sumenep Madura Jawa Timur, Senin (20/09/2021).

Vaksin bukan untuk mengobati, tapi untuk mencegah,” tandas Wabup Sumenep, Hj. Dewi Khalifah saat melakukan Monitoring Vaksinasi Covid -19 di balai desa pinggir Papas kecamatan Kalianget Sumenep.

Bacaan Lainnya

Dikemukakan Wabup, vaksin tidak sama dengan obat untuk pasien Covid-19. Vaksin, kata Wabup, berfungsi meningkatkan imunitas tubuh untuk melindungi dari ancaman penularan. Namun, sambungnya, hal itu mesti dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) oleh seluruh masyarakat secara disiplin.

“Upaya terbaik dalam menghindari penularan Covid-19 adalah melakukan pencegahan melalui disiplin menerapkan protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi,” ujar sosok Wanita yang banyak berkecimpung di dunia komunitas dan organisasi ini.

Selanjutnya Wabup mengimbau kepada masyarakat untuk menyukseskan program vaksinasi demi mempercepat memutus mata rantai penyebaran Covid-19. “Alhamdulillah warga pinggir Papas ini taat dan patuh terhadap imbauan vaksinasi, buktinya yang datang ke balai desa ini mencapai dua ratus orang lebih. Ini menandakan bahwa kerjasama yang baik antara pemerintah desa dengan masyarakat patut diapresiasi. Semoga warga desa lainnya juga antusias mengikuti vaksinasi ini”. Imbuh Wakil Bupati Sumenep Hj. Dewi Khalifah.

Dandim 0827 Sumenep dalam hal ini diwakili Kasdim 0827 Sumenep, Mayor Inf. R Hendro Prapto Mukti mengatakan, berdasarkan data yang dikumpulkan, semula vaksinasi menargetkan 165 orang peserta. Namun ternyata kegiatan ini diikuti oleh 205 orang peserta dan belasan lainnya gagal vaksin (tunda, red) karena masalah kesehatan.

“Semuanya terlayani vaksinasi dan 205 orang peserta yang hadir, semuanya bisa tervaksin tanpa ada kendala apapun,” Jelasnya.

Calon peserta Vaksin sebelumnya juga telah melalui proses verifikasi identitas diri. Petugas kesehatan melakukan wawancara riwayat kesehatan (anamnesa) dan pemeriksaan fisik sederhana, identifikasi penyakit penyerta. Kemudian calon penerima vaksin diberikan vaksin Covid-19 dan selanjutnya pencatatan hasil. “Dan terakhir observasi selama 30 menit untuk monitor ada kemungkinan yang timbul karena adanya vaksinasi tersebut,” Imbuh Kasdim Mayor Inf. R Hendro Prapto Mukti.

Pada kesempatan tersebut juga dihadiri,
1. Wabup Sumenep, Hj Dewi khalifah, SH, M. Pdi
2. Kasdim 0827/Sumenep, Mayor Inf. R Hendro P
3. Kabagops Polres Sumenep,Kompol Ach. Robial SE,SIK
4. Plt. Camat Kalianget, Bp.Heru Santoso, S.STP, M.H
5. Bati Tuud Ramil 02/ Kalianget.
6. Kapolsek Kalianget, Iptu Maliyanto, SH,MH
7. Kapuskesmas Kalianget, H Syamsuri
8. Kades Pinggir Papas, H. Abdul Hayat Ubaidillah
9. Bhabinkamtibmas desa Pinggir Papas, Bripka Ferry S
10. Tim Vaksinasi UPT Puskesmas Kalianget.
11. Masyarakat Desa Pinggir papas yang melaksanakan Vaksinasi
(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait