Wabup Touna Menutup Seluruh Rangkaian Pagelaran Sseni dan Budaya Festival Mora’a

  • Whatsapp

Ampana- Wakil Bupati Touna Ilham lawidu secara resmi menutup seluruh rangkaian kegiatan pegelaran seni dan budaya festival Moraa tahun 2023.

Kegiatan yang dilaksanakan selama tigat hari itu, menampilkan sejumlah pertunjukan seni dan budaya, seperti tari tradisional, musik etnik daerah,

lomba kayori ,lomba pameran budaya

pertunjukan seni dan budaya

Kegiatan pagelaran seni dan budaya tahun ini ini digelar drengan tema keragaman seni dan budaya di Kabupaten Touna sebagai inspirasi karya seni merupakan acara syukuran perayaan pasca panen Moraa yang telah dilaksanakan di KecamatanTtojo barat, tojo dan Ulubongka sebagai inspirasi karya seni dan budaya

Kegiatan yang dilaksanakan selama tigat hari itu, menampilkan sejumlah pertunjukan seni dan budaya, seperti tari tradisional, musik etnik daerah, lomba kayori ,lomba pameran budaya pertunjukan parade budaya yang diikuti kabupaten/kota, se propinsi sulawesi tengah dan 12 kecamatan di KabupatenTtouna

Dalam acara penutupan kepala Balai bahasa Provinsi Sulawesi Tengah,menyampaikan kegiatan ini sebagai bentuk kerja sama, komitmen kami mendampingi pemerintah Kabupaten dalam pelestarian dan pengembangan bahasa dan sastra daerah termasuk yang di Kabupaten Touna.

Festival ini di harapkan mampu meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap kebudayaan, terhadap tradisi, terhadap kearifan lokal, terhadap pengetahuan lokal yang terdapat di dalam tradisi atau budaya moraa.

Bupati Mohamad ahay dalam sambutan tertulisnya dibacakan wakil Bupati Touna Ilham lawidu menyebutkan pagelaran seni dan budaya yang telah selesai di laksanakan ini memiliki makna yang sangat penting . terutama dalam rangka menjaga dan melestarikan nilai-nilai seni, tradisi dan budaya yang ada di kabupaten Touna.

“sebagaimana kita ketahui bahwa pagelaran seni dan budaya tahun 2023 ini merupakan acara syukuran perayaan pasca panen moraa yang telah dilaksanakan di kecamatan tojo barat, tojo dan ulubongka sebagai inspirasi karya seni dan budaya “ kata Ilham Lawidu.

Disamping itu kata Wabup, momentum pelaksanaan ivent ini juga telah menjadi ajang promosi strategis yang membawa keuntungan bagi pariwisata kabupaten Touna .

Hal ini membuktikan event budaya yang di kemas apik dan profesional dapat melahirkan citra bagus di mata para pecinta ivent budaya dan para wisatawan baik nusantara maupun manca negara sehingga mampu memberi nilai tambah dan ekonomis bagi masyarakat khususnya masyarakat di kabupaten tojo una-una.

“ sambungnya

Pelaksanaan pegelaran seni dan budaya tahun 2023 yang di laksanakan selama 3 hari ini telah memberikan multi-player effect atau efek ganda pada peningkatan jumlah kunjungan wisata, ditandai dengan adanya peningkatan produktifitas bidang usaha mikro kecil dan menengah, seperti peningkatan jumlah hunian/hotel dan penginapan diwilayah kabupaten Touna.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait