Wagub Emil : Perempuan Berperan dalam Pembangunan

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com – Kaum perempuan berperan penting dalam kemajuan pembangunan sebuah daerah, khususnya di Jatim. Hal tersebut bisa dilihat dari semakin banyaknya kaum perempuan yang menjadi pelaku ekonomi di kehidupan masyarakat

Demikian disampaikan Wagub Jatim, Emil Elestianto Dardak saat menghadiri Peringatan Hari Perempuan Internasional di Hotel Majapahit, Surabaya, Jumat (8/3).

Dijelaskan, wujud lain kaum perempuan semakin berperan bisa dibuktikan di lingkungan pemerintahan. Sudah banyak, jabatan – jabatan tertinggi di pemerintahan diemban oleh perempuan. Sebagai contoh di Kab. Trenggalek, selama kepemimpinannya menjabat Bupati Trenggalek, setidaknya terdapat 3-4 kaum perempuan yang menjabat jabatan tertinggi. “Hal ini membuktikan, bahwa kaum perempuan memainkan peran yang strategis dalam pembangunan dan kehidupan. Fungsinya semakin luas selain sebagai ibu juga sebagai pelaku ekonomi,” ungkapnya.

Wagub mencontohkan, beberapa waktu lalu melakukan research disebuah daerah yaitu di Kab. Boyolali. Penelitian dilakukan di sebuah peternakan sapi. Dalam prakteknya, ternyata banyak hal yang dilakukan oleh perempuan mulai dari belanja di pasar, jual beli hasil dagang, hingga memberi makanan sapi. Hal itu semakin membuktikan betapa pentingnya peran perempuan dalam mengungkit perekonomian baik keluarga dan sebuah daerah.

“Kaum perempuan memberi warna indah dalam kehidupan,” ujarnya.

Sebenarnya, menurut Wagub Emil, Indonesia sudah memiliki sosok pahlawan perempuan yang memberikan inspirasi bagi wanita di Indonesia dan dunia internasional. Sepert Cut Nyak Dien, RA. Kartini, Megawati dan juga Gubernur Jatim saat ini, Khofifah Indar Parawansa. Oleh sebab itu sebagai wujud perhatian bagi kaum perempuan di dalam progran Pemprov Jatim memberikan ruang bagi kaum perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan.

“Maka dari itu, Peringatan Hari Perempuan Internasional menjadi momen bersama bahwa perempuan bisa mencapai banyak hal untuk mewujudkan dunia lebih baik. Kiprah perempuan sungguh luar biasa, perempuan adalah kebutuhan dan keniscayaan untuk Jatim lebih baik,” tambahnya. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *