WBP Lapas Banyuwangi Antusias Jalani Vaksinasi Tahap Kedua

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Banyuwangi kembali menjalani vaksinasi Covid-19, Kamis (19/8). Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan melalui kerjasama antara Lapas Banyuwangi, Satgas Covid-19 Banyuwangi, Dinas Kesehatan Banyuwangi dan Kodim 0825 Banyuwangi.

Tenaga vaksinator dalam kegiatan ini didatangkan dari beberapa puskesmas setempat yang sebelumnya telah diperintahkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi.

Bacaan Lainnya

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto menjelaskan bahwa pada kegiatan vaksinasi kali ini sebagian warga binaan menjalani vaksinasi tahap kedua dan sebagian lagi baru menjalani vaksinasi tahap pertama.

Hal tersebut, kata Wahyu, dikarenakan pada saat kegiatan vaksinasi pertama ada sebagian WBP yang masih terkendala administrasi terkait dengan tidak adanya Nomor Induk Kependudukan (NIK). “Pada vaksinasi pertama yang dilaksanakan bulan Juli lalu, memang tidak semua warga binaan kami bisa menjalankan vaksinasi, ada yang terkendala tidak adanya NIK dan terkendala faktor kesehatan” ucapnya.

Mengenai kendala tidak adanya beberapa NIK dari WBP, Wahyu menerangkan bahwa pihak Lapas Banyuwangi langsung gerak cepat melakukan koordinasi dengan Dispendukcapil, “Karena kami ingin seluruh warga binaan kami mendapatkan vaksin, sehingga dapat terbentuk Herd Immunity bagi seluruh warga binaan dan mengurangi resiko penularan virus Covid-19 didalam Lapas Banyuwangi” terangnya.

Wahyu menambahkan WBP yang menjalani vaksinasi tahap kedua berjumlah sekitar 505 orang dan yang baru mendapatkan vaksinasi dosis pertama berjumlah sekitar 371 orang.

Untuk WBP yang baru menjalani vaksinasi tahap pertama, jenis vaksin yang diberikan adalah AstraZeneca. “WBP yang mendapatkan vaksinasi tahap kedua mendapatkan jenis vaksin Sinovac, sesuai dengan jenis vaksin yang telah mereka dapatkan pada saat vaksinasi pertama. Namun untuk WBP yang baru melaksanakan vaksinasi tahap pertama kali ini, jenis vaksin yang diberikan adalah jenis Astra Zeneca” ujar Wahyu.

Perbedaan jenis vaksin tersebut, lanjut Wahyu, dikarenakan pada saat kegiatan vaksinasi pada bulan Juli lalu vaksin disediakan oleh Kodim 0825 Banyuwangi, “sedangkan pemberian vaksin dosis pertama kali ini disediakan oleh Dinas Kesehatan Banyuwangi” lanjutnya.

Antusiasme WBP terlihat mulai pagi hari, mereka tertib melakukan antri untuk mendapatkan vaksinasi, baik yang tahap pertama ataupun yang sudah tahap kedua. Ricky, salah satu WBP Lapas Banyuwangi menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan vaksinasi ini. “Alhamdulillah, meskipun berada di Lapas, saya tetap bisa melaksanakan vaksinasi, saya berterimakasih kepada pihak yang telah memfasilitasi kegiatan ini, mudah-mudahan saya dan teman-teman yang lain dapat terhindar dari paparan virus Covid-19” ungkapnya. (bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait