WFH sebabkan konflik keluarga, ini Solusinya

  • Whatsapp

Oleh Dr. Moh. Mukhrojin, M.Si
Penulis Buku Wonderful Sakinah Rahasia Membangun Keluarga Sakinah dan Berkah, Penyuluh Agama Islam Kota Surabaya

Sudah sebulan lebih pemerintah menganjurkan WFH ( Work From Home). Pandemi Corona Virus Disease ( Covid-19) yang menyebabkanya, sehingga bulan ramadhan 1441 H. banyak diisi dirumah saja. Sholat Tarawih dimasjid, buka Bersama dengan teman kerja, Ngabuburit yang sudah menjadi rutinitas ketika ramadhan seakan sirna karena dikhawatirkan menularkan atau ditularkan ketika ada perkumpulan.

Bekerja dan beribadah di rumah bersama keluarga sebenarnya mengembalikan habitat asal manusia itu sendiri. Bagaimana tidak manusia dilahirkan dirumah oleh keluarga, dibesarkan oleh keluarga, dan ketika meninggal juga akan di urus oleh keluarga. Oleh karenanya keluarga adalah komponen kecil dari masyarakat yang akan mempertanggung jawabkan dihadapan Allah SWT. Sebagaimana dalam QS. At- Tahrim/66:6 : “Hai orang orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka”.

Berbicara keluarga maka tidak terlepas dari rumah Tangga, membangun rumah tangga tidak seperti membangun rumah yang bertangga, jika hanya membangun rumah yang bertangga maka asal ada uang pasti sudah beres, namun membangun rumah tangga tidak demikian, buktinya banyak artis terkenal, punya uang banyak namun rumah tangganya hanya seumur jagung, oleh karena itu membangun rumah tangga harus disertai ilmu Munakahat ( pernikahan)

Kebijakan WFH menjadikan pasangan suami istri sering ketemu dan berkumpul bersama ternyata tidak semua pasutri menyukainya, adakalanya karena terpaksa menghabiskan waktu bersama sama dalam waktu yang lama, yang pada akhirnya membuat pasangan bosan dan semakin yakin bahwa mereka tidak cocok sehingga menyebabkan perceraian.
Sebagaimana yang sudah terjadi di china, Dilansir suara.com pejabat publik di kota Xi’an mengatakan “ Gara gara pandemi, banyak pasangan yang bersama dirumah selama sebulan penuh, yang akhirnya memicu konflik dan ujungnya perceraian”,lantas apa alasan mereka menghabiskan waktu bersama malah membuat pasangan lebih rentan bercerai ? menurut psikolog rob pascale, kuncinya karena tidak ada keseimbangan mengatur waktu dengan pasangan.

Dalam buku saya yang berjudul Wonderful Sakinah Rahasia membangun Keluarga Sakinah dan Berkah ada Tips Jitu bagaimana membangun Rumah tangga tetap harmonis yaitu DUIT SEJUTA, yang kepanjanganya Doa, Usaha, Iman, Taqwa, Setia, jujur dan Tabah.

Setidaknya ada tujuh tips hadapi konflik Keluarga yaitu, Pertama Doa; senjata orang beriman adalah Doa, apalagi dalam situasi krisis seperti ini kita tidak bosan bosanya Berdoa agar pandemi segera berlalu, namun jangan lupa juga berusaha, karena doa tanpa usaha kosong. Kedua; Usaha Dalam rumah banyak yang bisa kita lakukan apalagi sekarang zamanya digital, jual beli tidak harus bertemu dengan pelanggan, didalam rumah kita bisa menjalin usaha bersama suami atau istri untuk mengisi waktu WFH, saling bantu sama lain, Ketiga Iman; yaitu yakin bahwa Allah itu ada dan akan memberikan pertolongan pada HambaNya, keempat Taqwa yaitu menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganya, kelima; Setia saling kasih sayang diantara kedua,Keenam ;Jujur, berkata apa adanya, tidak bohong sesama pasangan dan ketujuh ; Tabah, atau sabar dalam mengarungi mahligai rumah tangga. Jika pasangan mampu mengamalkan DUIT SEJUTA maka insya Allah WFH ini menjadi solusi menjalin rumah tangga yang sakinah Mawaddah Warohmah, Semoga Pandemi segera berakhir Aamiin Yaa robbal Alaamin.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait