28 Hasil Kajian Dosen Fakultas Pertanian Unej Siap Diterapkan

  • Whatsapp

JEMBER, beritalima.com | Sejumlah 28 hasil kajian dari Dosen Fakultas Pertanian Universitas Jember, siap untuk diterapkan oleh petani maupun industri.

“Ada 28 hasil kajian kita, yang siap diterapkan oleh petani dan industri,” kata Dekan Fakultas Pertanian Prof. Soetriono disela-sela acara Ekspose Hasil Penelitian dan Pengabdian, Sabtu (20/11/2021).

Bacaan Lainnya

Menurut Soetriono, hasil penelitian dan pengabdian, akan rutin dipresentasikan dan diterapkan oleh para petani, agro industri, pemerintah daerah dan industri.

Dimana hasil penelitian dan pengabdian tidak hanya sekedar dijadikan buku, tetapi dapat diimplementasikan dan bermanfaat.

Bertempat di salah satu hotel di Jember, Soetriono menyampaikan, ini merupakan kesempatan untuk berkolaborasi, antara tenaga peneliti, industri dan juga pemerintah daerah.

“Agar kebijakan dari semuanya bisa terimplementasi, tidak hanya hasil penelitian dibukukan, tetapi terimplementasi kepada stakeholder. Tentu juga pemerintah daerah dan industri,” sebutnya.

Kedepan kalau sudah berkolaborasi, Soetriono menegaskan, semua nanti sama-sama mendapatkan keuntungan. Termasuk pemerintah, dengan hasilnya bisa menata regulasi.

“Petani hasil produksi meningkat, otomatis pendapatan juga menikat. Dari pengukuran tanah, kondisi tanah organiknya, hama dan penyakit, budi dayanya, pemasaran, produk dan itu ada semua,” beber Soetriono.

“Yang kita tampilkan yang unggulan, yang siap diterapkan kepada petani maupun industri,” tutupnya. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait