70 Karya Seni Rupa Lukisan dan Foto Karya Binaan Sanggar Daun Dipamerkan di Icon Mall Gresik

  • Whatsapp
Arik S. Wartono, pendiri sekaligus pembina utama Sanggar Daun dan binaannya saat membuka pameran karya seni rupa di Icon Mal Gresik, minggu (12/03/2023)

GRESIK,beritalima.com-Ada 70 seni rupa berbentuk lukisan dan karya foto dipamerkan dalam even yang diadakan Sanggar Daun di Pusat perbelanjaan Icon Mall Gresik

Pameran sanggar daun yang kesekian kalinya ini dibuka pada Minggu (12/3/2023) sampai 12 Mei 2023 mendatang dengan jam buka setiap harinya mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB.

Even pameran yang diberi tajuk Memori Bahagia #2. Ini menampikan karya dari pelukis dan fotografer yang berasal dari siswa Sanggar Daun Gresik, Surabaya dan Sidoarjo.

Dari 70 karya tersebut, terdapat 65 karya lukis dengan media cat akriki di atas kanvas berukuran maksimal 1 x 1 meter dan 5 karya fotografi berukuran 60 x 90 cm.

Dalam keterangannya kepada wartawan, Arik S. Wartono, pendiri sekaligus pembina utama Sanggar Daun mengatakan bahwa pameran Memori Bahagia #2 adalah lanjutan dari pameran bersama para siswa Sanggar Daun Memori Bahagia yang pertama yang juga digelar di tempat yang sama beberapa waktu yang lalu.

“Sanggar Daun akan aktif memamerkan karya-karya siswanya kepada publik. Dan setiap even pameran yang kami selenggarakan selalu menampilkan karya-karya terbaru,” kata Arik S. Wartono, saat pembukaan pameran.

Arik juga menjelaskan bahwa selain memajang karya, para siswa juga dilatih untuk berbicara di depan umum (public speaking) agar para seniman cilik itu dapat berkomunikasi dengan baik dengan para audiense.

“Dan dengan pameran ini kami juga berharap agar karya-karya siswa kami bisa dilihat secara langsung oleh masyarakat, khususnya para pecinta seni dan kolektor seni,” ucapnya.

Arik juga mengungkapkan bahwa dalam pameran Memori Bahagia yang pertama karya-karya siswa Sanggar Daun yang dipamerkan banyak yang terjual. Selain kualitas karya yang bagus, dalam even pameran Memori Bahagia yang pertama dan kedua ini pihaknya sengaja mengeluarkan karya-karya yang berukuran tidak terlalu besar dengan harga yang relatif terjangkau bagi pecinta maupun kolektor seni.

Adapun para seniman yang berpartisipasi dalam pameran Memori Bahagia untuk kategori seni lukis diantaranya adalah Ahmad Gavin Fahmi, Anas Abidin Sangaji, Annisa Nismara Halimah, Aphrodita Raisha Putri R, Ariel Ramadhan, Candice J. Z. Aleeya Rahman, Damara Azka Yudith, Dhafira Khairuna Arifin, Glenys Cailyn Bachumaira, Isabell Nufail Roses, Prisha Amaira Pamungkas, Raisya Rahmania Prameswari, Samurai Rajendriya Jalu, Yohanes Muriellus Lionel H. Sementara untuk kategori fotografi adalah Azalea Amarindra, Javiera Alin Yuditha, Malya Sasmaya, Raden Anggoro, Shahira Aqeela Hakim.

Dalam kesempatan ini Atik juga mengumumkan bahwa 4 siswa Sanggar Daun juga ada yang karyanya lolos seleksi dalam event seni rupa terbaikdi Indoensia yakni ARTJOG yang bakal dihelat pada bulan Juni hingga Agustus 2023 mendatang di Kota Yogyakarta.

“Siswa yang lolos seleksi ARTJOG adalah Prisha Amaira Pamungkas, Dhafira Khairuna Arifin (Runa), Glenys Cailyn Bachumaira, ketiganya karya seni lukis. Sedang karya Malya Sasmaya berupa fotografi,” pungkas Arik.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait