Ahmad Hi. Abdullah Sjah Resmi Dinobatkan Sebagai Sultan Jailolo

  • Whatsapp

JAILOLO, beritaLima.com– Ahmad Hi. Abdullah Sjah, Kamis (9/11/2017), resmi dinobatkan sebagai Sultan Jailolo. Menggantikan almarhum ayahnya Sultan Abdullah Hariyanto Sjah.

Acara penobatan itu digelar tadi pagi, bertempat di Desa Soakonora, Bukit Tagalaya kedaton kesultanan Jailolo.

Jogugu Kesultanan Jailolo Hairuddin Saifudin, mengatakan, penobatan sang Sultan Ahmad Hi.Abdullah Sjah, dilakukan secara adat kesultanan Jailolo. Dalam proses penobatan itu,  Ahmad Hi Abdulla dilantik langsung oleh kapita Lau Kesultanan Jailolo Imrat Idrus, dengan cara meletakan tuala wari (mahkota sultan) di kepala Ahmad Hi. Abdullah Sjah.

Lanjut Jogugu, prosesi penobatan sang sultan ini juga di isi dengan acara Suba Sinunako (Perkenalan Sang Sultan) yang dibacakan oleh kapita lau kesultanan Jailolo.

Acara prosesi penobatan ini, juga dilanjutkan dengan prosesi adat Saro-Saro sekaligus pembacaan doa syukuran yang dipimpin langsung oleh para iman di Jailolo.

Hairuddin mengungkapkan, diantara tamu yang di undang untuk menghadiri acara penobatan tersebut diantaranya, bupati Halbar yang di wakili oleh Assisten I Setda Halbar M.Kurnia Duwila, Kapolres Halbar,Dandim 1501/Ternate, Perwakilan Forum Silaturahmi Kedaton Nusantara Wilayah Timur Firman Sjah, serta perwakilan 4 kesultanan Maluku Kie Raha.

Disisi Lain, Prosesi penobatan ini di akhiri dengan pengambilan barakat (jabat tangan) para undangan kepada sang Sultan Ahmad Hi. Abdullah Sjah. (ssd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *