Akad Nikah Putri Gubernur Jatim Berlangsung Lancar

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com -Akad nikah Patimasang Mannagalli, putri Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dengan Fadhil Wirawan, Jumat (28/6/2019), BBM b BBMerjalan dengan lancar. Emas kawin dalam akad nikah keduanya berupa seperangkat alat salat dan emas seberat 24 gram.

Bertindak sebagai penghulu adalah KH. Ali Nur Muhammad. Sementara saksi dari pihak perempuan ialah Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK). Saksi dari pihak laki-laki ialah Pengasuh Ponpes Tebuireng, Jombang, Sholahudin Wahid.

Bacaan Lainnya

Acara berlangsung khidmat terutama saat penghulu memulai prosesi Ijab Kabul. Nampak Khofifah sedikit berkaca-kaca saat prosesi Ijab Kabul berlangsung. Tak lama mempelai laki-laki, Fadhil mengucapkan Ijab Kabul.

“Saya terima nikah dan kawinnya Patimasang Mannagalli dengan emas kawin seperangkat alat sholat dan emas seberat 24 gram dibayar tunai,” ucap Fadhil. Kemudian para saksi dan undangan sontak mengucapkan kata ‘sah’.

Usai ijab, nampak raut wajah dari Patimasang bahagia. Sebaliknya, sang ibu nampak berkaca-kaca. Usai ijab kabul, acara dilanjutkan dengan khotbah nikah yang dipimpin oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Prof. KH. Nasaruddin Umar.

Usai khotbah, doa penutupan dipimpin bergiliran oleh beberapa tokoh islam seperti Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar, Kyai Maimun Zubair kemudian Pengasuh Ponpes Amanatul Ummah, Kyai Asep Saiffudin Chalim.

Usai acara akad, prosesi pernikahan kemudian dilanjutkan dengan ‘Panggih Manten’ yang merupakan adat Jawa. Tahapan dalam prosesi upacara panggih ialah Balangan Gantal, Ngidak Tagan, Sinduran, Bobot Timbang, Minum Rujak Degan, Kacar Kucur, Dulangan, dan diakhiri dengan Sungkeman ke orangtua pasangan pengantin.

Rangkaian panjang dari acara mantu gubernur Jatim akan berlanjut di acara resepsi yang diselenggarakan di Convention Hall Mall Grand City, Surabaya, pada hari ini, Sabtu 29 Juni 2019.

Dalam acara resepsi tersebut, direncanakan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo akan hadir di malam hari tepatnya sesi kedua acara. (rr)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *