AMOS Kecam Oknum Pegawai Dinkes Sumenep Arogan Terhadap Wartawan

  • Whatsapp
Staf Dinkes Sumenep itu diduga melakukan aksi pelecehan dan intimidasi terhadap wartawan televisi nasional dengan cara memaki-maki saat hendak konfirmasi, Selasa, 8 Mei 2018

SUMENEP, Ketua Asosiasi Media Online Sumenep (AMOS) Ahmadi Muni, mengecam sikap oknum staf Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Madura, Jawa Timur yang memperlakukan wartawan Net TV Didik Setia Budi tidak wajar.

Staf Dinkes Sumenep itu diduga melakukan aksi pelecehan dan intimidasi terhadap wartawan televisi nasional dengan cara memaki-maki saat hendak konfirmasi, Selasa, 8 Mei 2018.

“Terlepas dari korban adalah jurnalis pun, perbuatan main hakim sendiri sudah melanggar hukum. Apalagi saat kejadian, para korban sedang menjalankan tugasnya sebagai jurnalis,” katanya.

Menurut Ahmadi, jurnalis dalam menjalankan pekerjaannya dilindungi Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999, seperti disebutkan pada pasal 4 ayat 3 UU tersebut bahwa pers berhak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.

Selanjutnya, barang siapa menghalang-halangi pelaksanaan upaya mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi tersebut dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda maksimal Rp. 500 juta.

“Itu sudah bentuk ketidak beresan pelayanan di Sumenep,” jelasnya.

Sebab, kata Ahmadi insan pers adalah mata telinga masyarakat yang sudah menggaji aparat negara dengan uang pajak yang mereka bayar. “Mestinya mereka berterimakasih bukan malah mencaci maki seperti itu. Itu sudah diluar kewajaran,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Kepegawaian, Dinkes Sumenep, Nur Insan, tidak membantah terkait dengan peristiwa yang tidak layaknya terjadi tersebut. Namun, diakuinya, diduga staff yang sedang bertindak demikian akibat kondisi kelelahan sudah siang hari.

”Kalau secara prosedur sebagaimana terjadi selama ini, tidak perlu melayangkan surat permohonan hanya untuk wawancara. Kita selama ini welcome dengan teman-teman wartawan,” tegasnya dengan nada santai.

Terkait dengan tindakan Dinas Kesehatan terhadap oknum staff yang diduga telah mengintimidasi wartawan, lanjutnya, pihaknya berjanji akan melakukan komunikasi lebih lanjut dengan kepala Dinas Kesehatan.

”Besok akan kami berbincang-bincang dengan staff itu, dan juga kepala Dinas Kesehatan,” pungkasnya.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *