Awak Kapal Polisi X-1033 Polres Banyuwangi Temui ABK Oscar

  • Whatsapp

Banyuwangi Beritalima.com –  Kapal MT Oscar yang lego jangkar di Selat Bali didatangi Kapal Polisi  X-1033 Satpolair Polres Banyuwangi. Kasatpolair AKP Subandi bersama sejumlah anggotanya langsung merapat ke kapal niaga tersebut.

Kamis (16/2/2017), rombongan Korps Biru-Biru itu sedang melakukan patroli perairan. Kapal MT Oscar menjadi target karena Polisi Perairan berkepentingan untuk melakukan pengecekan atribut kapal. Misalnya tentang pemasangan bendera merah putih.

Tujuan lainnya, Satpolair ingin mempertahankan keamanan Selat Bali dari aksi teror. Menangkal radikalisme tidak hanya menjadi tanggung jawab warga yang tinggal di daratan. Anak buah kapal (ABK) yang kehidupan sehari-harinya lebih banyak di laut juga turut berperan.

Menurut AKP Subandi, tidak menutup kemungkinan pelaku radikalisme menggunakan jalur perairan untuk melancarkan aksi. ABK kapal yang terlibat dalam aksi teror bisa disanksi pidana. Termasuk pengusaha kapalnya bisa pula diusut keterkaitannya dalam aksi tersebut.

“Agenda kita di Kapal MT Oscar untuk mencegah paham radikal. Enam ABK kita beritahu tentang ciri-ciri kelompok haluan keras yang keberadaannya bisa mengancam keamanan negara,” ulasnya.

Sosialisasi itu diawali dengan pemutaran video tentang pengenalan pengikut serta kelompok paham garis keras. Selanjutnya, aparat Satpolair Polres Banyuwangi melakukan dialog ringan dengan para ABK.

“Akhirnya mereka mengerti dan mau membantu aparat dalam menangkal radikal yang berpotensi terjadi di laut. Para ABK terdorong untuk bekerja sama karena tugasnya juga terancam bila kasus itu benar-benar terjadi di perairan,” tambah AKP Subandi.

Contoh kasusnya adalah penyanderaan kapal dan perompakkan. Dua kasus ini patut diwaspadai karena bisa mengancam keselamatan ABK. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *