Ayo Cegah dan Pahami Gejala Covid-19

  • Whatsapp

Oleh: Mochamad Ganefodin

SURABAYA, beritalima.com | Virus Corona atau severeacute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut Covid-19.

Virus tersebut masih belum enyah dari negeri ini. Karena itu, ayo kita kenali lebih awal atau mulai hari pertama masuknya virus ke dalam tubuh, agar parahnya sakit bisa dicegah.

Dari berbagai sumber yang berkompeten yang dihimpun penulis menyebutkan, di hari pertama sampai ketiga kemasukan virus tersebut hanya seperti masuk angin ringan, dan tenggorokan hanya sedikit sakit.

Di hari keempat, sakit kepala ringan, badan sedikit anget (sekitar 36.5°C), tenggorokan sakit ringan, suara mulai serak, selera makan mulai terganggu, perasa dan penciuman hilang, serta diare ringan.

Di hari kelima, tenggorokan sakit, suara serak, badan mulai meriang, temperatur sekitar 36.5 sampai 36.7 °C, badan lelah, cape dan sakit, jari-jari dan persendian terasa sakit.

Di hari keenam, mulai demam ringan sekitar 37°C, batuk kering atau sedikit berlendir, sesekali terasa susah bernapas, sakit tenggorokan ketika bicara, sakit waktu makan dan menela, mual dan mungkin muntah, serta diare.

Di hari ketujuh, demam agak tinggi antara 37.4 – 37.8 °C, batuk lebih banyak dan berdahak, napas pendek-pendek dan tetap, kepala sakit dan berat, nyeri-nyeri seluruh tubuh, dan diare bertambah.

Di hari kedelapan, demam tinggi 38°C atau lebih, sulit bernapas, dada terasa berat, sakit kepala, punggung dan sendi-sendi, batuk terus menerus, dan sulit berbicara.

Di hari kesembilan, semua gejala tidak berubah, batuk bertambah parah, demam tak menentu/ tak teratur, napas bertambah sulit, pencegahan sudah tak mungkin sehingga harus segera ditolong intensif.

Gejala awal atau seperti di hari ke 1-3 memang sangat ringan dan sering terabaikan atau tak terdeteksi. Untuk pencegahannya bisa dengan meningkatkan daya tahan tubuh, minum vitamin C, D, dan E. Atau, minum air (teh) hangat dengan diberi setetes dua tetes minyak kayu putih.

Mungkin di hari ke 4 baru terasa atau timbul rasa curiga. Cepatlah isolasi mandiri, banyak minum air hangat di tambah 2 tetes minyak kayu putih, atau jamu-jamuan juga boleh. Selain itu, mulai biasakan berjemur diri, banyak cuci tangan, cuci muka, ganti baju, dan makan makanan bergizi serta minum vitamin-vitamin.

Gejala-gejala itu wajib diwaspadai dan dicegah sebagaimana yang telah disebutkan. Namun, terlepas dari semua itu, kebiasaan 3M selama ini jangan pernah dihentikan. Tetaplah selalu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak. (Gan)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait