Babinsa Desa Kradenan ikuti Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Babinsa Kradenan Kecamatan Purwoharjo Sertu Pujiyanto mengikuti Pelatihan Pupuk Organik yang dipusatkan di Desa Kradenan Kecamatan Purwoharjo Banyuwangi dengan Nara Sumber kegiatan pelatihan pembuatan pupuk organik (kompos) dengan Nara Sumber dari Penyuluh Pertanian Kecamatan Purwoharjo Hari Wahyudi yang melibatkan sekitar 50 orang terdiri dari PPL, Kepala Desa Kradenan, babinsa, Kadus Desa kradenan, Gapoktan, HIPPA serta para Petani sewilayah Desa Kradenan Kecamatan Purwoharjo.

Adapun tujuan dari kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik tersebut adalah untuk Meningkatkan kesuburan tanah , Memperbaiki struktur dan karakteristik tanah, Meningkatkan kapasitas serap air tanah, Meningkatkan kesibukan mikroba tanah, Meningkatkan kualitas hasil panen (rasa, nilai gizi, dan jumlah panen) Menyediakan hormon dan vitamin bagi tanaman serta menekan pertumbuhan/serangan penyakit tanaman, Meningkatkan retensi/ketersediaan hara di di dalam tanahTerdapat perbedaan yang mendasar pada tanah yang diberi perlakuan bersama dengan pupuk kompos bersama dengan diberi perlakuan tanpa kompos (pupuk anorganik). Tanah yang diberi pupuk anorganik secara tetap menerus akan mengalami penurunan kualitas unsur hara dan akan menaikkan kekerasan struktur tanah.

Dalam Kegiatan tersebut Babinsa Kradenan Sertu Pujiyanto mewakili Danramil 0825/18 Purwoharjo Kapten Inf I Ketut Sukranata S. Sos mengatakan kami sebagai Babinsa diwilayah dalam hal ini melaksanakan pendampingan kepada para Petani akan terus selalu Memantau Pelaksanaan Pelatihan pembuatan pupuk organik (kompos), karna ini juga tugas TNI sebagai pendampingan petani khususnya Padi jagung kedelai. Oleh sebab itu kami sebagai Babinsa wajib memantau serta pendampingan kepada Petani, karena selain menjaga keamanan wilayah Desa beserta Masyarakatnya, TNI bersinegritas mengawal pertanian sebagai ketahanan pangan yang harus di pertahankan. Oleh karena itu kami berharap petani menjadi lebih baik lagi demi Ketahanan Pangan di Kabupaten Banyuwangj maupun seluruh indonesia. Pungkasnya. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *