Batik Sumenep Madura Menggoda Dunia Tiada Duanya

oleh -124 views
Acara Fashion On The Street tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep, Ny. Nurfitriana Busyro Karim

SUMENEP, beritaLima – Pemerintah Kabupaten Sumenep menggelar peragaan busana batik sebagai rangkaian Sumenep Batik Festival Tahun 2017 yang digelar di taman Adipura Sumenep pada Sabtu (09/ 12/ 2017).

Acara Fashion On The Street tersebut dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep, Ny. Nurfitriana Busyro Karim.


Salah satu peserta Fashion On The Street kategori anak – anak

Dalam sambutannya istri orang nomor satu kabupaten sumenep ini mengatakan, peragaan busana batik di acara Fashion On The Street, sebagai upaya nyata Pemerintah Daerah untuk memasyarakatkan dan melestarikan batik, terutama di kalangan generasi muda.

“Saya berharap, Fashion On The Street bisa memotivasi semua pihak untuk makin mencintai dan melestarikan batik, karena apabila batik tetap lestari, tentu membawa nama baik Kabupaten Sumenep.”tegasnya.

Menurut Nur Fitriana, batik Sumenep saat ini sudah menembus semua status sosial masyarakat mulai kalangan bawah hingga kalangan atas terbiasa menggunakan batik sebagai busana sehari-hari. “Jadi ini yang harus kita lestarikan bersama supaya bisa menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.”imbuhnya.

Ny. Nurfitriana Busyro Karim menambahkan, pulau Madura memiliki kekayaan busana yang sangat luar biasa, tetapi, hanya satu yang benar-benar telah menjadi ikon yakni batik.

“Keberadaan batik tak bisa dilepaskan dari pulau Madura, yang memiliki seni batik sangat primadona dan menggoda dunia karena kualitas serta motif-motifnya yang begitu khas, yang tidak akan dijumpai di daerah lain.”pungkasnya.

Sementara Pelaksanaan peragaan busana batik yang digelar di areal Taman Adipura itu, pesertanya tidak hanya berasal dari Kabupaten Sumenep dan Madura saja, melainkan juga berasal dari luar Madura sebanyak 100 peserta, selain itu lomba fotografer diikuti sebanyak 60 peserta.

(An)