Berikan Sentuhan Manis kepada Petani, Cong Wahyu Support Pasar Tani Galak Pamekasan

  • Whatsapp
Caption : Foto Gunting Pita Bersama Ibu Asisten Ekonomi Pamekasan Nurul Widiastuti, Kepala DKPP Pamekasan Ajib Abdullah, didampingi Owner CV. Ayunda Permata Sejahtera Bambang Budianto Pada Acara Pembukaan Pasar Tani Galak di BPP wilayah Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

PAMEKASAN, Beritalima com| Cong Wahyu Merupakan Direktur Utama CV Ayunda Permata Sejahtera yang ikut serta memeriahkan pagelaran Pasar Tani Galak di Wilayah Desa Sumedangan, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur.

Pasar Tani Galak yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian(DKPP),Kabupaten Pamekasan itu diadakan setiap per 3 Bulan sekali yang melibatkan para petani se Kabupaten Pamekasan yang ada di 13 Kecamatan.

Bacaan Lainnya

Direktur utama CV Ayunda Permata Sejahtera Wahyu Budianto yang biasa disapa Cong Wahyu mengatakan, keterlibatan dirinya dengan acara Pasar Tani Galak di wilayahnya itu, tidak lain untuk memberikan sentuhan manis kepada para petani langsung.

Selain itu juga Cong Wahyu ingin memberikan support dan kontribusi penuh terhadap hasil panen hingga produksi para petani yang di pasarkan di Pasar Tani Galak di BPP itu.

“Kami bertujuan untuk memberikan support penuh terhadap hasil panen para petani juga memberikan mutivasi berupa dorongan langsung kepada para petani,”ucapnya kepada Beritalima.com. Rabu (13/03/2023), siang.

Cong Wahyu berharap ke depan bagi para petani atau yang tergabung kelompok tani, agar dapat nelimpah ruwah hasil pertaniannya.

“Semoga hasil pertanian para petani di Pamekasan semakin maju, makmur tentu sentosa dan sejahtera,”harapnya.

Sementara itu Kepala DKPP Pamekasan Ajib Abdulla, menyampaikan, Pasar Tani Galak memperpendek rantai pasar, harga kompetitif dengan kualitas produk bagus dan lebih segar karena langsung dari petani atau UMKM. Selain itu, event ini juga bertujuan membangun jaringan ke konsumen.

“Saatnya kita berperan serta mendukung gerakkan para petani. Awalnya kita mencari, sekarang mereka yang mencari kita. Kita memperpendek rantai pasok. Kami hadir dengan harga kompetitif murah untuk mendorong petani kreatif naik kelas,” terangnya.

Dirinya menyatakan, kehadiran pasar tani Galak sangat berpengaruh terhadap rantai pasok. Petani bisa langsung menjual hasil panennya dan konsumen memperoleh produksi segar langsung dari petani.

Kendati demikian penjualan sangatlah Masif sebab antusiame para petani di 13 kecamatan ini sangat tinggi.

“Kita lihat saja antusiame/animo warga sangatlah tinggi mereka datang ke sini untuk membeli dan mencicipi aneka produk segar dan olahan para petani,”ujarnya.

“Kegiatan ini juga bisa mengoptimalkan kontak tani seluruh di Kabupaten Pamekasan. Saatnya kita promosi besar-besaran. Paling tidak, ada segala varietas lokal unggul yang bisa kita tampilkan. Kami juga tampilkan bawang putih lokal, Melon, Jagung, dll. Kita tunjukkan ke masyarakat bahwa Pamekasan bisa mandiri ,” lanjut Ajib.

Menyoal harga, dirinya mengatakan bahwa harga yang ditawarkan cukup kompetitif. Ada titik temu antara petani dan konsumen. Tujuannya selain untuk mengembangkan pasar tani agar lebih dikenal masyarakat luas, juga menaikkan minat masyarakat terhadap hasil pertanian lokal.

“Kami bawa petani ke sini dengan tujuan agar warga dapat menjaring petani masuk ke lokasi pasar ini tertarik untuk bekerja sama dengan petani. Selain itu, event ini juga memberikan kesempatan bagi petani melihat dan merambah ke pasar modern, mengetahui preferensi pasar, serta dapat terhubung dengan konsumen untuk jangka panjang,”pungkasnya.(AY/Gizzo)

beritalima.com

Pos terkait