Bersama PT BSI, UNEJ dan Ratusan Siswa SD Gelar Simulasi Tanggap Bencana

  • Whatsapp

SDN 4 dan SDN 8 Sumberagung menggelar simulasi tanggap bencana hari ini, Sabtu (16/11). Simulasi ini merupakan bagian dari program pengembangan sekolah dasar sadar bencana yang diselenggarakan oleh Universitas Jember (Unej) bekerja sama dengan PT Bumi Suksesindo (BSI) dan Koordinator Wilayah Kerja Satuan Pendidikan (Korwilkersatdik) Pesanggaran.

“Dalam kegiatan ini, para siswa diperkenalkan dengan materi apa itu bencana, bagaimana kita melakukan simulasi, dan ada edu-game,” jelas Zetti Finali dari PGSD FKIP Unej.

Karena sasarannya adalah anak-anak sekolah dasar, panitia telah menyiapkan materi yang sesuai dengan mereka. “Bahasanya disesuaikan dengan tingkat pertumbuhan bahasa anak-anak,” imbuhnya.

Pengembangan sekolah dasar sadar bencana merupakan sebuah program yang menyasar anak-anak tingkat dasar. Tujuannya agar memiliki kecakapan dalam merespon bencana melalui pengorganisasian dan langkah-langkah yang tepat guna dan berdaya guna.

Tidak hanya para siswa yang menerima pelatihan, kepala sekolah dan para guru selaku pembina di masing-masing sekolah juga dibekali materi kebencanaan. “Pelatihan untuk para guru telah kami laksanakan dua minggu yang lalu,” kata Zetti.

Sementara itu, pihak sekolah menilai program sadar bencana ini sangat tepat dilaksanakan di lembaganya. Menurut (Plt.) Kepala SDN 4 Sumberagung, Suratno, pihaknya berkepentingan untuk menjaga keselamatan dan keamanan warga sekolah dan sekitarnya.

“Sekolah kami berada persis di bibir pantai dan lempeng Asia-Australia,” ujar Suratno.

Agar kesadaran pada bencana ini semakin meluas, Suratno mengatakan akan menyampaikan materi ini kepada wali murid. “Dalam pertemuan wali murid nanti akan kami sampaikan kepada wali murid bagaimana antisipasi gempa saat di rumah,” pungkasnya.

(Bi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *