BI Jatim Panen Padi Organik Perdana Di Banyuwangi

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Jawa Timur melakukan panen perdana pertanian organik di Kabupaten Banyuwangi, Rabu (26/4/2017). Panen perdana di sawah seluas 42 hektare dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan BI Jatim, Difi Ahmad Johansyah.

“Dengan panen perdana ini kami dari BI mendorong adanya budi daya padi organik untuk meningkatkan stok pangan di Jatim, meski saat ini sedang surplus,” kata Difi.

Ia mengatakan, budi daya padi organik mensyaratkan pola pikir dan pengetahuan yang baik bagi alam, meski pengolahanannya lebih merepotkan.

“Biarkan alam yang mengurus alam sendiri. Dan ini tujuan BI Jatim’mengajak petani kembali ke alam,” ujarnya.

Difi yang mengaku pernah mendalami keilmuan pertanian organik mengaku pertanian organik pupuknya berasal dari kompos dan pengelolaanya dilakukan secara baik.

“Dan yang paling penting adanya bakteri yang nempel di tanaman, sehingga tanah juga menjadi subur. Sebab saat ini jarang ditemukan tanah yang subur dengan adanya cacing tanah, karena banyak tanah yang terkontaminasi bahan kimia,” ucapnya.

Oleh karena itu, kata Difi, dengan mengembangkan pertanian organik ke depan bangsa ini bisa mewariskan ke anak cucu tanah yang bagus dan sehat.

Panen padi organik yang dilakukan BI di Kabupaten Banyuwangi merupakan hasil salah satu kelompok petani mitra binaan BI Jember. BI Jatim memiliki sejumlah binaan di wilayah daerah ini.

Selain fokus kepada pertanian organik, BI beberapa perwakilan Jawa Timur juga membina sejumlah UMKM dan kluster lainnya. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *