Bupati Hendrata Turun Langsung Tangani Aksi Palang Kantor Desa Kou

  • Whatsapp

KEPULAUAN SULA, Beritalima.com – Persoalan Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) di Desa Kou, Kecamatan Mangoli Timur, Kepulauan Sula, akhirnya mendapat perhatian Bupati Kepsul Hendrata Thes. Jumat (23/3/2018) kemarin Bupati menyempatkan diri turun ke Kou.

Salah satu agendanya adalah meluruskan permasalahan antara Kepala Desa Kou Basir Duwila dengan warganya. Akibat persoalan tersebut, warga Kou melakukan pemalangan terhadap kantor desa.

Dalam pernyataannya, Hendrata menegaskan pengelolaan ADD dan DD harus dilakukan setransparan mungkin. Dengan begitu, masyarakat dan Bhabinkamtibmas bisa ikut mengawalnya.

“Sehingga anggaran yang dikelola oleh desa dapat bermanfaat dan dapat menyejahterakan masyarakat desa tersebut,” tuturnya.

Dalam pertemuan tersebut, politisi Demokrat itu juga meminta warga Kou agar membuka palang kantor. Sayangnya, warga menolak melakukannya, kecuali jika kades diganti.

“Kami bisa buka asalkan Kepala Desa Kou dinonjobkan atau diberhentikan. Bila tuntutan kami belum terpenuhi maka pemalangan di kantor desa tidak akan pernah kami buka,” tegas warga.

Bupati pun memilih jalan diplomasi. Menurutnya, sebagai kepala daerah ia berjanji menyelesaikan permasalahan tersebut secepat mungkin. Namun syarat pertamanya adalah pemalangan kantor desa dihentikan sebab sangat mengganggu aktivitas pemerintahan desa.

“Dalam waktu dekat setelah saya kembali dari tugas maka saya akan memanggil pihak BPMD dan instansi terkait untuk segera mungkin menyelesaikan masalah di Desa Kou,” ucapnya.

Warga akhirnya luluh dan bersedia membuka palang kantor. Rismit Teapon, salah satu tokoh pemuda, menyatakan siap mengawal janji Bupati tersebut. Warga juga setuju menghentikan aksi pemalangan hari itu juga.

Jelang pemilihan gubernur ini, Bupati Hendrata juga mengingatkan warga Kou agar memilih kandidat yang dapat mengubah Maluku Utara menjadi lebih baik.

“Sekarang musim kampanye dan nantinya pada bulan Juni pencoblosan. Jadi ingat, kalau mau memilih pemimpin harus pilih calon yang tepat. Jangan salah dalam memilih gubernur,” ungkapnya.(dino)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *