Car Free Day, Warga Sumenep Dapatkan Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

  • Whatsapp
Pos Promosi dan pelayanan Kesehatan dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep

SUMENEP, beritaLima – Program Sumenep Car Free Day yang dilaksanakan setiap hari Minggu mulai Pk. 05.30 sampai Pk. 09.00 di seputaran Kota Sumenep dilengkapi dengan Pelayanan Kesehatan Gratis berupa pemeriksaan Tensi gratis, Kolestrol, cek gula darah dan asam urat.

Ratusan pengunjung CFD berbondong – bondong memasuki Stan atau Pos Promosi dan pelayanan Kesehatan dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep .

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, dr. H. Fatoni, MSi. Pihaknya menyiapkan tenaga medis seperti dokter dan perawat setiap Minggu untuk melayani pemeriksaan kesehatan. Masyarakat yang sedang mengikuti CFD dapat memeriksakan kesehatannya termasuk mengkonsultasikan hal-hal yang terkait dengan kesehatannya.

Apabila dalam pemeriksaan tersebut ada yang mengalami gangguan kesehatan dapat langsung dirujuk ke Puskesmas terdekat maupun ke Rumah Sakit. “ Jadi pemeriksaan ini merupakan upaya pencegahan sejak dini, masyarakat harus sadar pentingnya kesehatan. Jangan ketika sudah parah baru diperiksa, alangkah baiknya jika diperiksa dulu sehingga jika ada gejala bisa segera dicegah “ kata dr. fatoni.

Lebih lanjut dikatakan, selain itu pihaknya terus mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Kabupaten Sumenep yang bertujuan menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. “Intinya, bagaimana masyarakat yang sehat itu jangan sampai sakit,” tegas Fatoni.

Sementara itu, Defi dan Feri, dua di antara warga Sumenep yang mengikuti Car Free Day, berterima kasih kepada Pemkab Sumenep yang menggelar kegiatan olahraga dan Pelayanan kepada masyarakat setiap Minggu ini. “Selama ini kami olahraga sendiri-sendiri. Nah, di sini ramai jadi lebih bersemangat, apalagi ada pelayanan kepada masyarakat khususnya Pelayanan Kesehatan gratis. Kami berharap kegiatan ini terus berlanjut setiap Minggunya,” sebut mereka.

Program CFD juga membuka ruang penuh kepada komponen masyarakat, apakah itu komunitas penghoby binatang, keterampilan, olahraga, seni, budaya bahkan para pebisnis sekalipun untuk memanfaatkan hari CFD sebagai moment untuk berlatih dan berdiskusi, sepanjang tidak bertentangan dengan substansi CFD itu sendiri.
Selain pemeriksaan kesehatan bagi warga yang mengikuti acara rutin setiap hari Minggu itu, dilakukan juga senam bersama, berjalan kaki bersepeda dan olahraga menyehatkan lainnya.

(An)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *