Di Banyuwangi Puluhan Rumah Rusak, Diterjang Puting Beliung

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Angin puting beliung menyerang dua desa di Kecamatan Muncar Banyuwangi. Akibatnya, puluhan rumah di Desa Kedungringin dan Desa Tapanrejo rusak parah dan sedang. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini.

“Kejadian sekitar pukul 13.20 Wib. Angin tiba-tiba kencang dan merobohkan pohon dan merusak rumah,” ujar Wardi, salah satu warga Kedungringin, Muncar, kepada sejumlah wartawan, Senin (19/2/2018).

Wardi menambahkan, sebelum angin kencang, wilayah desanya diliputi awan pekat. Sejam kemudian, angin kencang menyapu desanya. Kerusakan rumah kebanyakan karena dinding jebol dan atap yang ambruk.

“Ada beberapa rumah yang terkena angin puting beliung. Rumah pak Nurholis itu dua yang rusak parah,” tambahnya.

Sementara itu Kapolsek Muncar, Kompol Toha Choiri mengatakan, pihaknya bersama dengan TRC BPBD dan relawan melakukan pendataan rumah atau bangunan yang rusak.

“Desa Kedungringin itu di Dusun Kedungringin ada sekitar 4 rumah rusak parah. Sementara di Dusun Kedungdandang Desa Tapanrejo yang rusak parah ada 5 rumah rusak parah. Sementara rumah yang rusak sedang dan ringan berjumlah puluhan,” tambahnya.

Hingga saat ini kata Toha, pihaknya masih belum bisa menaksir jumlah kerugian yang dialami oleh korban puting beliung. Sementara untuk membantu korban yang rumahnya rusak, pihaknya bersama dengan TRC BPBD dan Relawan memberi bantuan terpal dan mendirikan posko bencana.

“Kita potong beberapa pohon yang membahayakan warga. Sementara kerugian masih kita data belum selesai hingga saat ini. Sementara kita bantu terpal dan buat Posko bencana,” pungkasnya. (Bi)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *