Dinkes Bersama BIN Jawa Timur, Gelar Vaksinasi Serentak di Desa Tunggulsari

  • Whatsapp

TULUNGAGUNG, beritalima.com- Badan Intelijen Negara (BIN) bersama Dinas Kesehatan ( Dinkes) Kabupaten Tulungagung, mengadakan vaksinasi serentak penanggulangan Wabah Covid-19. Rabu, (22/6/2022).

Vaksinasi bertempat di Desa Tunggulsari, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung. Kegiatan dilaksanakan mulai tanggal 22-23 Juni 2022, dengan mengusung tema “Indonesia Sehat Indonesia Hebat”.

Adapun vaksinasi kali ini diperuntukan bagi masyarakat umum, pelajar, anak-anak dan lansia. Kuota peserta vaksin dalam satu hari sebanyak 500 orang.

Didik Eka Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) dinas Kesehatan Kabupaten Tulungagung menyampaikan, terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan tersebut.

“Terima kasih khususnya kepada BIN Jawa Timur yang ikut peduli akan kekebalan tubuh masyarakat, terutama terhadap virus covid-19, dalam hal ini program vaksinasi,” ujar Didik Eka.

Menurut Didik, jika semua pihak ikut membantu vaksinasi secara optimal lagi, harapan pemerintah untuk dosis 2 pada lansia minimal 70% segera tercapai.

Didik mengatakan, jika pada anak-anak dan remaja total kita sudah masuk target nasional, tetapi jujur kekurangan kita target di lansia.

“Memang kami dari Dinkes selalu membuka diri, siapapun yang ikut membantu kegiatan vaksinasi akan kita dukung. Untuk menggerakkan masyarakat, jujur dari pihak kami tidak bisa, namun, terkait logistik dan vaksinator tenaga kesehatan memang tanggung jawab tugas kami,” ungkap Didik.

Pihak Dinkes juga menjelaskan bahwa, pencapaian vaksinasi kepada masyarakat Tulungagung dengan hitungan persentase.

“Total keseluruhan vaksinasi di Tulungagung dosis 1 dan 2, mulai dari Februari 2021 dengan rincian, 87,65 untuk dosis 1, dan 76,82 untuk dosis 2. Sedangkan, untuk vaksinasi bosster, Alhamdulillah sudah mencapai 15,77% , namun sebetulnya angka itu masih jauh dari harapan. Harapannya, untuk vaksinasi bosster minimal di angka 50%,” jelas Didik Eka.

Dalam kesempatan ini, Didik Eka menghimbau kepada masyarakat Tulungagung bahwa, covid-19 masih belum selesai. Protokol Kesehatan (Prokes) adalah pencegahan yang utama, dan yang kedua adalah melakukan vaksinasi.

“Jika anda sudah melakukan vaksinasi 1 dan 2 bagi usia 18 tahun ke atas, silahkan mendatangi gerai-gerai vaksinasi untuk mendapatkan dosis ke 3,” tutupnya.

Sementara itu, Kades Tunggulsari Didik Girnoto Yekti menyampaikan ucapan terima kasih kepada Dinkes, BIN, dan pihak-pihak yang ikut mendukung lancarnya pelaksanaan vaksinasi.

“Saya selaku Kades Tunggulsari mengucapkan banyak terimakasih, terutama kepada BIN yang sudah mendukung terlaksananya kegiatan vaksinasi di Desa Kami. Berkat komunikasi yang baik dengan Dinkes Tulungagung, vaksinasi hari ini berjalan lancar,” terang Kades.

Kades menambahkan, agenda vaksinasi dari BIN bersama Dinkes akan dilaksanakan 2 hari yakni, 22-23 Juni.

“Kegiatan vaksinasi dilaksanakan 2 hari, dan akan diberi hadiah. Bagi yang beruntung, mereka nantinya akan mendapat hadiah berupa 1 ekor kambing,” pungkasnya. (Dst).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait