Dorong Pelatihan Penggunaan Social Media Tiktok Dalam Peningkatan Pendapatan Bisnis UMKM Menggunakan Aplikasi Bangbeli

  • Whatsapp
Renanda Auresty Faradita Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis UPN Veteran Jatim

Saat ini perubahan terjadi dikarenakan adanya teknologi yang semakin maju. Munculnya sosial media menjadi salah satu perubahan hal yang bermanfaat bagi masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dahulu orang saat ingin berkomunikasi atau mengirimkan pesan ke orang lain melalui surat atau layanan pos.

Namun di zaman sekarang sosial media menjadi solusi bagi semua masyarakat yang tidak perlu lagi jauh jauh mengirimkan ke layanan pos lagi cukup dengan menggunakan sosial media mereka dapat berkomunikasi, bertatap muka, mencari hiburan, mengekspresikan diri dan mengembangkan bisnisnya.

Bacaan Lainnya

Platform aplikasi tiktok salah satu wujud dari adanya sosial media. Aplikasi tiktok
saat ini menjadi idola di semua kalangan terutama bagi para remaja. Dan dibuktikan bahwa platform tiktok tahun 2022 menjadi aplikasi yang sangat digandrungi oleh seluruh masyarakat dunia salah satu negara yang banyak peminatnya yakni di indonesia. Semua orang berlomba-lomba membuat ide konten yang relate dengan kehidupan sehari-hari dengan tujuan agar mereka menjadi viral secara cepat dikarenakan content tersebut. Tidak terkecuali dengan para pebisnis yang memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan bisnis mereka agar dapat dijangkau oleh masyarakat luas.

Perlu diketahui bahwa tiktok dimanfaatkan masyarakat bukan hanya sekedar aplikasi untuk mencari hiburan saja, melainkan memiliki berbagai manfaat bagi para pebisnis seperti:

1. Sebagai Media Promosi Dan Hemat Biaya Iklan

Aplikasi tiktok saat ini memiliki jumlah pengguna yang sangat banyak, sehingga sangat efektif apabila digunakan sebagai media promosi. Para pebisnis melakukan berbagai cara demi promosi produknya berhasil sehingga konsumen tertarik dengan barang yang dijualnya.

2. Membuat Konten Lebih Menarik dan Kreatif Menyesuaikan dengan Tren

Agar audience berkunjung ke tiktok kita, maka diperlukan dengan membuat konten yang kreatif. Apabila brand menghasilkan konten yang menarik dengan menyesuaikan tren yang sedang viral TikTok, maka diharapkan mendapatkan viewers yang banyak juga. Strategi pemasaran melalui video terbukti sebagai marketing yang paling ampuh karena menurut Iconosquare, sebanyak 86% orang ingin melihat lebih banyak video dari brand.

3. Sebagai Media Personal Branding Bisnis (Brand Awareness)

Di zaman sekarang banyak sekali orang yang ingin membranding dirinya salah
satunya yakni bagi para pebisnis. Tujuan dari membuat personal branding di platform online agar audience dapat mengetahui apa yang telah disampaikan oleh para pembuat konten dari segi pebisnis.

Aplikasi bangbeli juga sebagai salah satu penunjang peningkatan pendapatan untuk para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang
dapat dimanfaatkan sebagai sumber penambah penghasilan meliputi pembelian pulsa, kuota, PDAM, token listrik, top up E-Wallet, dan lain-lain. Aplikasi ini digagas oleh PT Doa Anak Digital

Berdasarkan beberapa poin informasi yang telah disampaikan di atas bahwa mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Renanda Auresty Faradita Program Studi Administrasi Bisnis ’20 turut ikut serta mengabdi kepada masyarakat dalam membantu bisnis UMKM bernama “Daivik Cell” yang merupakan UMKM dalam menjual pulsa maupun kuota internet.

Mahasiswa UPN Jawa Timur tersebut berusaha memberikan pelatihan media sosial tiktok serta mencoba memberikan penghasilan tambahan dengan cara bergabung melalui mitra bangbeli.

Peran keduanya antara tiktok dengan aplikasi bangbeli sangat efektif untuk menghasilkan tambahan pendapatan hanya dengan menggunakan aplikasi saja.

Content dari akun tiktok yang telah dibuat agar menarik audience dan nantinya akan tertarik untuk melakukan pembelian.

 

Artikel diatas ditulis Renanda Auresty Faradita Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis UPN Veteran Jatim

 

 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait