Genjot Vaksinasi, Peserta di Desa Kalebengan Kecamatan Rubaru ini Dapat Hadiah

  • Whatsapp
Kegiatan vaksinasi dan penyerahan hadiah bagi peserta vaksinasi di desa Kalebengan Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep

SUMENEP, beritalima.com| Guna mencegah penyebaran virus Covid -19 di kawasan pedesaan, Kepala desa Kalebengan Kecamatan Rubaru bersama tim Puskesmas dan Polsek rubaru menggelar kegiatan vaksinasi desa Kalebengan Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, Selasa (11/01/2022).

Kegiatan vaksinasi dan penyerahan hadiah bagi peserta vaksinasi di desa Kalebengan Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep

Hal itu dilaksanakan untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid -19 serta percepatan vaksinasi di khususnya Kecamatan Rubaru.

Bacaan Lainnya

“Kita melakukan pendekatan secara humanis kepada masyarakat, termasuk pedagang dan masyarakat Kalebengan secara umum.” tutur Kades Kalebengan H. Achmad Darus kepada awak media.

Sosialisasi dan Edukasi akan terus kami gaungkan agar seluruh warga dan masyarakat desa Kalebengan dapat menjalankan himbauan ini dan tetap menjalankan Protokol Kesehatan 5M. Imbuhnya.

Bahkan, lanjut Kades Kalebengan H. Ahmad Darus, Untuk menarik minat masyarakat agar capaian vaksinasi meningkat, pihak Kecamatan setempat merangsang minat vaksin berhadiah berupa sepeda gunung dan hadiah menarik lainnya bagi peserta vaksinasi termasuk lansia. Hadiah tersebut disiapkan untuk masyarakat dan para lansia yang sudah divaksin dan semua masyarakat yang membawa lansia untuk mengikuti vaksinasi, termasuk para kader kesehatan yang mengantarkan lansia untuk mendapatkan vaksin.

“Alhamdulillah untuk desa Kalebengan terbanyak capaian Vaksinasinya se kecamatan Rubaru. Tentunya ini berkat kerjasama semua pihak khususnya perangkat desa dan tokoh masyarakat yang mengetuk tukarkan pentingnya Vaksinasi agar terhindar dari Virus Covid 19”. pungkas Kepala Desa Kalebengan, H. Ahmad Darus.

Sementara itu, Camat Rubaru, Arif Susanto, AP, M.Si. menerangkan kendala utama masih belum maksimalnya capaian vaksinasi Covid-19 karena masyarakat masih terpengaruh informasi hoaks dari media sosial (medsos). Selain itu, belum semua mendukung program vaksinasi Covid-19. “Terutama pada level terbawah di tingkat RT. Bahkan masih ada tokoh-tokoh yang masih belum mau ikut vaksin,” terangnya.

Menurut Arif, strategi yang dilakukan untuk memaksimalkan capaian vaksinasi Covid -19 adalah dengan melakukan pendekatan dan mengajak untuk ikut vaksin secara langsung. Contohnya ketika ada satu tokoh yang mau divaksin, maka tokoh ini yang dijadikan percontohan agar masyarakat mau ikut vaksin. Termasuk pelayanan vaksin ke RT-RT secara door to door.

Mottonya adalah door to door heart to heart. Masyarakat kita ajak ngobrol dulu dan dijelaskan manfaat dari vaksin. “Alhamdulillah, upaya ini mampu meyakinkan masyarakat tentang pentingnya vaksin. Secara umum semuanya sudah bergerak. Masukan dari tenaga kesehatan agar nanti ada operasi besar-besaran berupa masker dan kartu vaksin,” pungkasnya.

Berikut capaian Vaksinasi desa SE kecamatan Rubaru:
Tertinggi 1 : Desa Kalebengan = 71 %
Tertinggi 2 : Desa Tambaksari = 65 %
Tertinggi 3 : Desa Rubaru = 55,9 %
Tertinggi 4 : Desa Banasare = 55,7 %
Tertinggi 5 : Desa Mandala = 49,3 %

Sebelumnya anggota Babinsa Koramil Rubaru bersama Babinkamtibmas melakukan woro-woro, pemberitahuan dengan menggunakan pengeras suara, mengajak masyarakat bahwa kegiatan vaksinasi yang digelar di balai desa Kalebengan cukup efektif, terbukti banyak warga yang ikut melaksanakan vaksinasi.

Hadir dalam acara tersebut Camat Rubaru Arif Susanto, AP, M.Si beserta staf, Danramil, Kapolsek, Kepala UPT Puskesmas Rubaru, Pendamping Desa, BPD, Kades Kalebengan H. Ahmad Darus beserta seluruh perangkat dan tokoh masyarakat.
(An/ Mun)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait