Hari Pertama, 204 CJH Jalani Pembuatan Paspor

  • Whatsapp

GRESIK, beritalima.com – Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Gresik, Selasa (21/3/2017) akhirnya resmi mengajukan permohonan pembuatan paspor bagi calon jamaah haji daerah Gresik, Jawa Timur.

Dan Selasa siang pukul 13.00 Wib, proses pembuatan paspor pun dimulai. Di hari pertama pengajuan berkas, sebanyak 204 CJH jalani pembuatan paspor di Unit Layanan Paspor (ULP) Imigrasi Kelas I Tanjung Perak. Gresik.

“Jumlah berkas CJH Gresik yang sudah kami ajukan ke ULP Imigrasi Gresik sebanyak 110 orang. Yang jalani proses pembuatan di hari pertama 204 orang CJH,” kata Haji Lulus, Staf Bagian Pelayanan Haji Kemenag Gresik, Selasa (21/3/2017).

Tahun 2017 ini, jumlah kuota haji Gresik sebanyak 1.692 orang. Namun elum semuanya berkas mereka diajukan ke Imigrasi mengingat masih ada berkas CJH yang belum rampung.

Sementara itu, Kepala ULP Imigrasi Kelas I Tanjung Perak, Ismansyah Fatriadi, SH, MH, tidak menepis jika di hari pertama pelayanan pembuatan paspor CJH, tidak menuai kendala.

“Kendala kita, jaringan internet sering lelet karena perekaman data pemohon kita gunakan sistim online sama dengan pemohon reguler. Selain itu, sidik jari lambat terbaca komputer bagi CJH Lansia,” urai Ismansyah.

Kendati ditemui ada kendala jaringan internet yang sering lambat terkoneksi dan sidik jari lambat terbaca, namun proses pelayanan tidak terhambat sehingga bisa kelar sesuai target waktu yang direncanakan.

“Kita kan estimasikan waktu pelayanan itu dimulai pukul 13.00 hingga pukul 16.00. Dan hari pertama ini sesuai rencana selesai pukul 16.00,” katanya.

Irmansyah juga mengaku, jika dari 204 berkas CJH yang diproses hari pertama, dua diantaranya dikembalikan pihaknya karena berkasnya kurang yakni KTP bersangkutan mati dan tidak melampirkan keterangan pengganti KTP.

Kesempatan ini, Irmansyah mengingatkan bahwa terkait data diri yang diajukan dalam permohonan pembuatan paspor CJH untuk tidak menggunakan data orang lain. Karena jika itu terjadi justru merepotkan diri sendiri bagi CJH bersangkutan.

Sementara itu, pantauan di lapangan, pelayanan paspor CJH di ULP Imigrasi Gresik di hari pertama, berjalan lancar. Pihak Kemenag Gresik juga tampak ikut mengawal pelayanan di ULP Imigrasi tersebut. (Abd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *