Hotissue: Telat selangkah nyawa melayang !

  • Whatsapp

RobertoNews : STEVEN JOHNSON SYNDROME!

Dalam menjalani profesi dunia kedokteran kasus ini sering kami jumpai seperti kasus seorang Hakim yang kondisi badan loyo ,Deman tinggi ,bibir pecah ,kulit melepuh seluruh tubuh karena nengkonsunsi 21jenis obat di saat yang sama dari seorang dokter ,bila dia telat berobat nyawa akan hilang.
Ciri khas dari Penyakit ini adalah di mana tubuh penderita seluruh kulit penderita melepuh dan ada cairan kuning dibawah kulit bentuk seprti cacar air, bibir pecah, muka seperti terbakar, Di awali batuk,sakit kepala,deman tinggi.Keadaan ini dikenal sebagai Steven Johnson Syndrome atau Toxic Epidermal Necrolysis

Apa itu Steven Johnson Syndrome ?
Sindrom Stevens-Johnson adalah kelainan serius dan langkao pada kulit, membran mukosa, sekitar alat kelamin, dan mata.. . Membran mukosa adalah lapisan lunak dari jaringan yang melapisi sistem pencernaan dari mulut hingga ke anus, serta saluran organ reproduksi dan bola mata.
Penderita menegluh seluruh badan kayak terbakar, sakit, Penyakit ini bisa dijumpai pada segala umur. Ini adalah keracunan obat/allergi obat yang membuat lapisan kulit melepuh dan tergolong penyakit kritis yang perlu mendapat pengobatan dan perawatan yang tepat dan cepat karena bisa merenggut nyawa seketika

Gejala awal Penyakit :
Gejala penyakit ini diawali batuk, sakit kepala, badan demam setelah beberapa hari kulit melepuh dan kayak cacar air. Sebagian permukaan kulit menghitam, sekeliling bibir pecah pecah dimana seluruh kulit penderita melepuh dan ada cairan kuning dibawah kulit bentuk seprti cacar air, bibir pecah, muka seperti terbakar. Keadaan ini dikenal sebagai Steven Johnson Syndrome atau Toxic Epidermal Necrolysis.

Penderita mengeluh seluruh badan kayak terbakar, sakit, Penyakit ini bisa dijumpai pada segala umur. Ini adalah keracunan obat/allergi obat yang membuat lapisan kulit melepuh dan tergolong penyakit kritis yang perlu mendapat pengobatan dan perawatan yang tepat dan cepat karena bisa merenggut nyawa seketika.

Tanda Tanda awal penyakit in8
1.Kelelahan.
2.Batuk.
3.Mata terasa panas.
4.Radang mulut dan tenggorokan.
5.Demam.

Setelah beberapa hari akan muncul gejala lanjutan berupa :
1.Bentol-bentol berisi cairan.
2.Ruam kulit berwarna kemerahan atau keunguan
3.Nyeri pada kulit.
4.Nyeri persendian.
5.Pembengkakan wajah dan lidah.
6.Pengelupasan kulit.

Peyebab
A.Obat obatan yang memicu Sindroma Steven Johnson sbb:
1.Obat asam urat.
2.Pereda rasa sakit.
3.Obat antibiotik.
4.Obat kejang-kejang.
5.Terapi radiasi.
6.Beberapa obat anti inflamasi non-steroid.

B.Infeksi Virus n Bakteri antara lain:
Pneumonia.Hepatitis.HIV.Herpes.Gondongan.virus Coxsackie dan Epstein-Barr.influensa

Siapa yang beresiko terkena Sindrom Stevens-Johnson
1.keluarga yang pernah mengidap Sindrom Steven-Johnson.
2.Melemahnya sistem kekebalan tubuh, biasanya akibat
a..HIV/AIDS,
b.transplantasi organ,
c.penyakit autoimun.
3.Infeksi virus, seperti herpes, pneumonia virus, HIV, hepatitis.
4.Pernah mengidap Sindrom Stevens-Johnson.
5.Memilikii Gen HLA-B 1502 atau HLA-B 1508 yang membuat seseorang akan berisiko terkena sindrom ini jika mengonsumsi obat kejang atau obat untuk gangguan kejiwaan.

Perawatan n Pengobatan :
1.Bila kasus masih ringan bisa dirawat rumah Pada umumnya kasus ini berat dan harus segera ditangani oleh team interdisplinan karena steven johson sindrome bisa melibatkan dokter Mata,THT,Kulit Kelamin,Penyakit Dalam n Kandungan.
2.Pada banyak kasus, penderita sindrom Stevens-Johnson harus dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan intensif. Jika penderita sedang menjalani pengobatan langkah pertama dokter adalah menghentikan pengobatan tersebut seperti obat anti nyeri,antibiotik dsbnya
3.Perawatan perlu intensif dengan menjaga keseimbangan elektrolit dan albumin sehingga tubuh penderita bengkak dan demam.
4.Pemberian obat Corticosteroid yang tepat dan teratiuri serta memilih antibiotik yang tepat untuk mencegah infeksi

Kesimpulan:
Penyakit Steven Johnson Syndrome adalah penyakit yang disebabkan keracunan /alergi obat maupun infeksi bakter a virus menyebabkan kulit melepuh kondisi ini bisa merenggut nyawa bila tidak segera ditangani dengan tepat.
Sebab itu dianjurkan jangan sembarangan minum obat yang bukan dari dokter,bila dijumpai ada gejala seperti di atas segeralah bawa ke dokter anda untuk ditangani.cibtailah kesehatan anda, Telat selangkah nyawa hilang seketika.!
Sekilas info, semoga bermanfaat
RobertoNews 823 《 30.12.19( 02.22)》

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *