Indonesia Nation State Yang Lahir Dari Perbedaan

  • Whatsapp

Beritalima.com – Indonesia merupakan negara besar yang terdiri dari banyak pulau. Berdasarkan informasi Kementerian Dalam Negeri Tahun 2018 yang dipublikasikan dalam Buku Statistik Indonesia 2018, Indonesia memiliki 16.056 pulau pada 2017

Dengan banyaknya pulau itu muncul beranegara ragam bahasa, budaya dan agama. Dari perbedaan itu kemudian ada kesepakatan bersama membentuk Negara Indonesia.

Oleh karena itu kita punya kewajiban menjaga persaudaraan diantara anak anak bangsa dengan terus memelihara perdamaian.

Pada saat perbedaan pandangan tentang ideologi negara Pancasila antara kelompok Sekuler dan kelompok Islam, khususnya tentang sila pertama, Alhamdulillah ada jalan tengah sehingga sila pertama cukup dengan kata Ketuhanan yang maha Esa. Indonesia selamat dari perang ideologi karena adanya kesepakatan dari perbedaan.

Dan yang perlu dijunjung tinggi dan diamalkan dalam kondisi masyarakat yang beraneka ragam budaya, bahasa, dan agama ini adalah sikap saling menghormati dan tidak melakukan diskriminasi. Kita harus menyadari bahwa perbedaan ini Rahmat dari Allah agar kita bisa bersyukur atas segala ciptaan dan kehendak Allah.

FPK (Forum Pembauran Kebangsaan) sebagai lembaga yang dibentuk pemerintah maka harus menjadi mitra pemerintah dalam menjaga persatuan dan persaudaraan bangsa Indonesia.

Sungguh sangat mulia program Gubernur Jawa Timur yaitu program Jawa Timur Harmoni. Jawa Timur harus jadi teladan keharmonisan putra putri bangsa yang terdiri dari berbagai macam suku, budaya dan agama. Kita harus hentikan persekusi dan mendiskriminasi terhadap putra putri bangsa karena faktor perbedaan. Hiduplah dengan harmonis, damai , maka Indonesia akan aman.

( HM. Misbahus Salam , Ketua FPK Jember )

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *