Jumlah Investasi di Halbar Diklaim Meningkat

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com – Peningkatan jumlah Investasi pada tahun 2016 – 2017 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, dimana tercatat jumlah investasi di Kabupaten Halmahera Barat mulai tahun 2016 hingga kwartal pertama 2017 meningkat sebesar 257,18% dari Rp 67.932.310.000, pada tahun 2015 menjadi Rp 242.643.500.100. 

“Jumlah investasi sudah meningkat dari tahun sebelumnya,”ungkap Bupati Halbar Danny Missy, dalam konfrenai pers di ruang rapat Badan Perencanaan Penelitian dan Pengambangan Daerah (BP3D), Jumat (18/8/2017).

Lanjut Danny, Peningkatan investasi, yang terdiri dari klasifikasi usaha besar sebanyak 6 unit usaha, usaha menengah 40 unit, usaha kecil 380 unit dan usaha mikro sebanyak 132 unit.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat  telah berhasil menciptakan iklim investasi yang baik bagi para pelaku usaha pada periode awal Pemerintahan 2016 – 2021, dimana hal ini sejalan dengan harapan atau instruksi presiden. Harapannya kondisi ini terus dijaga melalui sinergitas semua stakeholder terkait baik lembaga pemerintah, swasta dan masyarakat, Dengan  itu, semua elemen perlu terus memupuk nilai – nilai kebersamaan dalam keberagaman yang ada di masyarakat Halmahera Barat, sehingga menciptakan iklim investasi yang kondusif serta stabil ditahun – tahun mendatang.

Selain  itu, Danny menambahkan, bahwa Desa Membangun – Halmahera Barat Bergerak Membangun Indonesia Fenomena nasional bahwa desa terus menjadi primadona pasca kelahiran UU No.6 tahun 2014 tentang Desa, juga bergeliat di Kabupaten Halmahera Barat. Pasalnya, Pemerintahan Halmahera Barat saat periode 2016 – 2021, yang hadir pada tahun kedua penerapan UU tersebut, langsung meningkatkan akselerasi pembangunan ditingkat desa dengan berbagai langkah-langkah yang ditempuh yaitu salah satunya melalui berkoordinas langsung dengan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi, dalam pertemuan terbatas dengan Menteri Desa pada bulan Feruari 2017 lalu Bupati Halmahera Barat telah menyatakan komitmen Halmahera Barat untuk membangun desa melalui program-program andalan kemendes.

Dari hasil pertemuan tersebut sejumlah bantuan langsung didapatkan oleh Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat, yaitu 1) Bantuan penyediaan sarana air bersih dengan teknologi reserve osmosis dan uf-pump; 2) Bantuan Handtracktor; 3) Bantuan Cool Storage; dan 4) Bantuan Kapal Tangkap Ikan 10 GT, yang secara resmi diberikan langsung oleh Menteri Desa dalam kunjungan kerjanya pada Bulan April 2017.

Pembangunan desa terus digalakan, hingga pertengahan tahun 2017 ini melalui komitmen yang serius dari pemerintah kabupaten dan desa di Kabupaten Halmahera Barat maka telah dicapai pembangunan sarana dan prasarana fisik di desa melalui dana desa antaranya rehabilitasi perpustakaan desa  7 unit tersebar diberbagai desa, pembangunan Gedung TPQ 12 unit, pembangunan Gedung PAUD 8 unit, Rehab Polindes 2 unit, Lahan Posyandu 11 Ha, Pembangunan Polindes  5 unit, pagar SD 10 unit, Pembangunan Gedung TK  1 unit, Pasar Desa 5 unit, Sarana Wisata UNIT 10 Rumah Adat  5 unit, pagar Balai Desa 5 unit, INTERNET 10 unit, Balai Desa 12 unit, Pembangunan Balai Seni 9 unit Gapura  63 unit, Pembangunan Jembatan 3 unit, Pembangkit Listrik 3 unit, Gedung BUMDes  7 unit, Gudang Desa 3 unit Penerangan Jalan 70,011unit, Pembangunan Jalan KM 570,8,Pembangunan Drainase 6 meter, Tambatan Perahu 9,101 unit, Pembangunan Talud 5 meter, Bengkel  5 unit, Tambak Ikan 15 unit, Sarana Olahraga UNIT 12 Pembangunan Mesjid 4 unit, Tanah Pekuburan  246 HA, MCK 55 unit, Pembangunan Sarana Air Bersih 4 unit, rumah Guru 10 unit, dan Rumah Tidak Layak Huni  10 unit, Meski begitu diakui Danny, Pemerintah Kabupaten tidak memungkiri  masih banyak permasalahan dalam pengelolaa dana desa. Banyak disalah pahami oleh para pihak dalam pemerintahan desa. Untuk itu, pembinaan serta peningkatan kapasitas dalam pengelolaan pemerintahan desa yang baik akan terus dilakukan oleh pemerintah tingkat kabupaten. Dengan pembangunan secara mandiri ditingkat desa tanpa adanya sikap aji mumpung dan oportunis diharapkan dapat melahirkan wajah-wajah desa yang semakin menarik dan maju,”pungkasnya. (ssd/Adv) ‎

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *