Kabid Humas : Polisi Butuh Elaborasi Bersama Media

  • Whatsapp

BANYUWANGI beritalima.com – kiprah polisi di tengah masyakarat tak bisa lepas dari peran awak media. Kegiatan yang baik dan menginspirasi bisa diketahui khalayak karena pemberitaan bernilai positif yang dilakukan insan pers. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengakui itu saat melakukan kunjungan di Polres Banyuwangi.

“Kita (polisi) itu memerlukan media. Polisi tidak bisa bekerja tanpa media. Media ini partner kita. Media itu sebuah informasi edukasi terhadap publik,” pujinya, saat diwawancarai wartawan, Jumat (19/5/2017).

Maka penting bagi kalangan internal kepolisian untuk melakukan elobarasi antara media konvensional, media sosial dan media milik internal aparat. Tujuannya tentu untuk kebaikan program kerja polisi sehingga lebih dikenal oleh masyakarat luas.

“Caranya, kalau ada pemberitaan positif di media konvensional maupun medsos, nah itu bisa di-share link-nya ke media kita sehingga diketahui oleh publik,” tukas Kabid Humas.

Pamen dengan tanda pangkat tiga melati di pundak tersebut menegaskan, website dan media sosial milik internal kepolisian juga diakses ribuan pembaca. Sehingga tulisan yang tayang di media konvensional dengan jumlah pembaca fanatik akan menyebar luas di kalangan masyakarat apabila website dan medsos milik aparat turut mengunggahnya.

“Biar masyarakat tahu tentang pentingnya edukasi positif yang diberitakan media konvensional,” ungkap Kombes F. Barung Mangera didampingi Kapolres Banyuwangi AKBP Agus Yulianto.

Dalam rangka Harkamtibmas polisi tidak bisa bekerja sendiri tanpa peran media. Karena program kamtibmas yang dijalankan aparat tidak akan sampai ke kalangan masyarakat jika tidak dibantu tulisan insan pers. Aparat kepolisian juga butuh kritik dari masyakarat yang disampaikan melalui medsos.

Lantaran membangun komunikasi yang baik dengan media sangat penting, maka Bidang Humas Polda Jatim sengaja mengumpulkan personil subbaghumas dan petugas operator Cyber Troops dari eks Karesidenan Besuki di Ruang Rupatama Polres Banyuwangi. Para personil kehumasan dan petugas patroli dunia maya dari Polres Jember, Bondowoso, Banyuwangi dan Situbonodo diberi pembekalan khusus agar inten mengunggah kegiatan positif institusi kepolisian melalui media sosial. Arahan tersebut berlangsung kurang lebih 1,5 jam. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *