Kades Kaliploso Terus Berbenah Demi Pelayanan Yang Prima

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Begini jika Kepala Desa (Kades) diemban kalangan pemuda. Berbagai inovasi, serta penyesuaian mekanisme perekrutan jajaran pemerintahan terus dilakukan.

Ya, seperti yang dilakoni Kades Desa Kaliploso, Kecamatan Cluring, Banyuwangi, Jawa Timur, Rudi Hartono. Berbekal pengalaman ber organisasi dimasa kuliah serta jenjang akademik yang ditempuh dia terus melakukan pembenahan. Yang terbaru adalah pola rekrutmen Ketua Sub Blok irigasi sawah, atau yang biasa disebut ‘Jogo Tirto’.

Demi mendorong terciptanya pelayanan prima dan memuaskan, jabatan yang sebelumnya melekat abadi, kini diatur dengan pola pemilihan. Selayaknya Pemilu, agenda yang disepakati dilakukan 5 tahun sekali ini dilakukan dengan model surat suara.

Bedanya, pesta demokrasi kalangan petani ini digeber secara sederhana. Tempat Pemungutan Suara (TPS) hanya terbuat dari tenda seadanya, surat suara terbuat dari kertas biasa dan kotak suara memanfaatkan tempat sampah plastik. Meski demikian, inovasi segar dari mantan aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) tersebut mendapat sambutan positif dari masyarakat. Terbukti, ratusan petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) desa setempat antusias hadir.

Yakni Poktan Mardi Agung, Mardi Karso, Karso Tani, Mardi Sugeh, Mardi Luweh serta Mardi Rahayu.

“Dan karena ini pemilihan yang dilakukan para petani, lokasinya pun kita lakukan diarea pesawahan, agar lebih memudahkan, karena dekat dengan tempat aktivitas petani,” kata Rudi, Selasa (20/2/2018).

Seperti Pemilu pada umumnya, sejumlah warga ada yang bertugas sebagai pengawas serta saksi. Tujuannya, agar hasil pemilihan bisa diterima dengan legowo oleh para kandidat dan pemilih. Bedanya, pada momentum ini tidak ada masa kampanye. Itu karena para kandidat dan pamilih sudah saling kenal dan tahu bagaimana kinerja masing-masing.

“Kita berharap, usaha kita untuk selalu berbenah ini bisa memberi manfaat untuk seluruh masyarakat Desa Kaliploso, mereka bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik, serta mendorong percepatan pembangunan,” pungkas Rudi. (Abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *