Kadis Kesehatan Sergai Jenguk Bocah Penderita Hidrosefalus

  • Whatsapp

SERDANGBEDAGAI,beritalima.com-Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) melakukan kunjungan ke Puskemas Kecamatan Perbaungan untuk meninjau melihat pendaftaran kesehatan calon jemaah haji dan melakukan musrembang sekaligus menjenguk pasien bocah usia 9 tahun yang menderita penyakit Hidrosefalus di Dusun II, Desa Deli Muda Hilir, Kecamatan Perbaungan, Sergai, Rabu (28/2/2018).

Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit didampingi Kepala Puskesmas Perbaungan drg. Cut Putri Elna Minarbach dalam peninjauan pendaftaran kesehatan calon jemaah haji mengatakan, kunjungan ini untuk meninjau dan memberikan penyuluhan kesehatan terhadap calon jemaah haji selama tiga hari ini yakni di Puskesmas Sei Rampah dan Puskesmas Perbaungan.

“Sebanyak 121 calon jemaah haji yang akan diberangkatkan dan diharapkan para calon jemaah haji agar menjaga kesehatannya, baik melalui makanan maupun melalui aktifitas olah raga rutinitas,” kata Bulan.

Selain memberikan arahan, Kadis Kesehatan dr. Bulan juga mengunjungi para pasien di Puskesmas Perbaungan dan bertatap muka para pasien, baik itu pasien ruang rawat inap dan pasien ruang pemeriksaan umum dan ruang laboraturium, dalam kehadirannya para pasien juga berinteraksi soal pelayanan di Puskesmas Perbaungan.

“Kami merasa puas dengan pelayanan di Puskesmas Perbaungan ini,” kata para pasien saat kunjungan Kadis Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit.

Selain itu, Kadis Kesehatan juga menyempatkan diri untuk menjengguk pasien penderita Hidrosefalus dan sekaligus menyerahkan satu buah kursi roda kepada Khairunisa Nasution bocah usia 9 tahun, warga Dusun II, Desa Deli Muda Hilir, salah satu penderita hidroseafalus anak ke 3 dari 3 bersaudara dari pasangan syahrial (40) dan Heni Erawaty Wijaya (37), karyawan PT Indah Potjan.

Kemudian dilanjutkan di Desa Lidah Tanah untuk mengikuti acara Musrenbang Kecamatan, dalam kata sambutannya Kadis Kesehatan dr. Bulan menyampaikan setiap desa dan kecamatan hendaknya melakukan dan melaksanakan kegiatan Gerakan Masyarakat Sehat (Gemas) dan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

“Kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menurunkan beban penyakit dan menghindarkan terjadinya penurunan produktifitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayan kesehatan, karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan. Jadi, mari budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup kearah yang lebih sehat,” kata dr. Bulan. (Sugi).

Kadis Kesehatan Sergai dr. Bulan Simanungkalit didampingi Kepala Puskesmas Perbaungan, drg. Cut Putri Elna Minarbach dan seluruh Dinas Kesehatan saat menjenguk pasien penderita Hidrosefalus dan sekaligus menyerahkan satu buah kursi roda kepada Khairunisa Nasution. Foto Sugi

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *