Kasatreskrim Polres Banyuwangi Berbagi 4 Tips Sukses Mudik

  • Whatsapp

BANYUWANGI, beritalima.com – Lebaran Idul Fitri 1438 H harus dirayakan dengan tenang dan senang. Caranya, sebelum meninggalkan rumah para pemudik harus memastikan kondisi kediaman dalam keadaan aman. Tips ini disampaikan Kasatreskrim Polres Banyuwangi AKP Sodik Effendi.

“Listrik harus posisi aman agar terhindar terjadinya konsliting yang mengakibatkan kebakaran. Aman maksudnya colokan yang masih menempel sebaiknya dicopot jika tidak dipakai. Jangan lupa mematikan kompor gas. Cek kondisi tabung, bocor atau tidak sehingga terhindar dari kebakaran,” pesan perwira pertama yang baru tiga hari menduduki posisi sebagai Kasatreskim Polres Banyuwangi menggantikan AKP Dewa Putu Prima Yogantara Parsana SIK.

Ketika keluar rumah, para pemudik wajib mengecek ulang daun pintu dan jendela apakah sudah posisi terkunci. Lebih baik menitipkan kediaman kepada petugas jaga atau tetangga terdekat yang tidak mudik lebaran.

“Langkah ini bisa meminimalisir terjadinya kejahatan dalam rumah yang ditinggal pemiliknya. Biasanya kasus pencurian di rumah kosong acap kali saat lebaran,” urai AKP Sodik.

Kondisi kesehatan pemudik juga diimbau agar dijaga. Tujuannya agar hajat pemudik yang hendak berlebaran di tanah kelahiran bisa lancar dan selamat sampai tujuan. Kasatreskrim juga meminta para pemudik agar waspada apabila beristirahat ,khususnya di rest area.

“ Jaga barang milik pribadi sehingga terhindar dari pencurian, penodongan maupun perampokan,” tukasnya.

Tips terakhir, tambah dia, doa sebelum berangkat menempuh perjalanan jauh adalah kunci paling penting dalam melaksanakan mudik. Lantaran nasib pengendara selama di jalan raya berada di genggaman yang Maha Kuasa.

“ Jangan lupa berdoa sehingga terhindar dari bahaya serta selamat di lokasi yang dituju,” imbaunya. (abi)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *