Kasih Dan Sayang Seorang Ayah

  • Whatsapp

bberitalima.com – Ayah, sosok yang mungkin masing-masing kita memaknainya secara berbeda. Tapi ayah seringkali digambarkan sebagai sosok pahlawan keluarga.

Meskipun ayah jarang mengekspresikan perasaannya, bukan berarti ayah nggak sayang pada anak-anaknya. Atau sayangnya nggak sebesar kasih ibu. Ayah pun sangat sayang anaknya.

Hanya saja ayah punya cara yang berbeda untuk menunjukkan cintanya.

Lima hal di bawah ini sebagai bukti bahwa sosok ayah punya cara sendiri untuk sayang kepada anaknya. Bagimu mungkin ini adalah hal yang biasa, tapi sebenarnya hal di bawah ini yang menunjukkan cintanya padamu.

1. Ayah rela menahan lapar demi anaknya
Itu bukti bahwa kasihnya menahan lapar untukmu.

Mungkin terlihat sederhana. Jika kamu memiliki ayah yang bekerja pegawai, guru, dan lainnya, hal ini mungkin pernah juga kamu alami. Ya, sewaktu kecil dahulu,

atau mungkin hingga sekarang, ayahmu sering membawakan nasi kotak yang ia peroleh ketika ada rapat atau acara. Makanan yang harusnya ia nikmati di kantor, sengaja ia simpan agar kamu bisa memakannya.

Ayah rela menahan laparnya agar kamu bisa menikmati nasi kotak atau nasi bungkus yang ia bawa. Sedangkan ayahmu, lebih memilih untuk makan apa yang sudah ada di bawahkan dari rumah yang seadanya. Sederhana memang, tapi tahukah kamu itu adalah sebagian kecuil bukti kalau ia sayang padamu.

2. Ayahmu akan lebih galak dibanding ibu
Ketika kamu masih belum pulang padahal sudah larut malam di situ ayah akan melakukan yang membuatmu kesal.

Ayah akan menghubungimu terus-menerus ketika kamu menghabiskan waktu di luar bersama teman-temanmu hingga larut malam. Pesan yang ia kirim berkali-kali mulai dari mengingatkanmu bahwa hari sudah larut malam, sampai menanyakan kamu nanti pulangnya akan diantar oleh siapa. Rasanya, ayah menjadi lebih galak dibanding ibu untuk urusan ini.

Itu semata-mata karena kamu adalah sesuatu yang berharga baginya. Ia nggak ingin sesuatu hal menimpamu di luar sana, dan ia hanya ingin memastikan kalau kamu baik-baik saja.

3. Secuek apapun ayahmu
Ketika ada permasalahan yang menyeretmu, ia pasti pasang badan menjadi pahlawan yang akan melindungimu. Sosok ayah yang mungkin lebih dingin dibanding ibu memang sering terlihat cuek.

Karena begitulah ayah sosok cuek dan itulah yang menjadi pelengkap ketika ibu terlalu memanjakanmu. Ia menginginkan anaknya tidak hanya dibesarkan dengan kelembutan tapi juga ketegasan,kedisiplinan.

Tapi meski ia cuek, bukan berarti nggak sesayang ibu. Buktinya, ketika kamu mendapat masalah di yang membahayakan, ayah pasti menjadi orang pertama yang berdiridi depanmu dan melindungimu.

Kamu akan merasakan bagaimana pengorbanan sang ayah di momen seperti ini. Apakah ia harus mengesampingkan harga dirinya, atau bahkan membahayakan dirinya sendiri.

4. Demi keinginan anaknya
Ayah diam-diam meminjam uang meski tahu ia harus bekerja dua kali lipat untuk membayar utang demi keinginanmu. Beruntung jika kamu berasal dari keluarga yang berkecukupan.

Jadi tidak butuh usaha besar ketika kamu membutuhkan atau menginginkan sesuatu. Tapi mungkin bagi sebagian orang, mewujudukan keinginan sangatlah susahnya karena keterbatasan ekonomi.

Seperti saat kamu menginginkan kuliah di perguruan tinggi yang mahal, dengan biaya kuliah yang juga cukup besar, akan sangat sulit bagi ayah untuk menolak keinginanmu. Karena ia tahu bahwa ini juga untuk masa depanmu.

Oleh karena itulah ia akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkan keinginanmu itu. Sebisa mungkin ia terlihat MAMPU di depanmu, meski di di belakangmu ayah meminjam uang.

Meski ia tahu ke depannya dirinya harus bekerja keras dua kali lipat untuk membayarnya.

5. Tidak ada jalan keluar ayah kadang memilih untuk mengambil jalan pintas
Demi memenuhi keinginanmu ayah mengambil jalan pintas.

Cinta dan kasih ayah kepada buah hati tercinta yang begitu besar kadang ia akan rela melakukan apa saja. Misalnya ketika tidak ada jalan keluar atas permasalahan yang tengah kamu hadapi, maka ayah mengambil jalan pintas yang sebenarnya tidak boleh dilakukannya.

Ketika ayah sudah tidak tahu lagi harus bagaimana memenuhi kebutuhanmu, apalagi dalam waktu terdesak, ia akan menghalalkan segala cara meski itu akan berdampak bedar baginya.

Contoh saja, ayahmu mencuri uang di suatu toko ketika melakukan pencurian ia tertangkap. Ia terpaksa melakukan hal tersebut karena butuh biaya kuliahmu, Sedih bukan? Meski ayahmu mungkin nggak terlihat sesayang ibu padamu, tapi ketahuilah bahwa pengorbanannya untukmu juga tidak main-main.

Ia membuktikan kasih dan sayang padamu. Itu semua ia lakukan demi kamu, buah hatinya tercinta. Selamat Hari Ayah 2018

Gresik,12 November 2018
Bob Nasrin

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *