Kejuruan IT Banyak Diminati Peserta Pelatihan Keterampilan Kerja di BLK Jember

  • Whatsapp
Pembukaan program pelatihan dan keterampilan kerja di Aula UPT BLK Jember (beritalima.com/sugik)
Pembukaan program pelatihan dan keterampilan kerja di Aula UPT BLK Jember (beritalima.com/sugik)

JEMBER, beritalima.com | Kejuruan Information Technology (IT) banyak diminati oleh para peserta pelatihan keterampilan yang diselenggarakan UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Jember.

“Kalau yang banyak diminati peserta, biasanya di kejuruan IT, pendaftarnya banyak sekali,” kata Kepala UPT BLK Jember, Sutrisno kepada wartawan, Selasa (1/3/2022).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, selain kejuruan IT, kejuruan yang diminati berikutnya ialah pertanian prosesing, garment dan otomotif. Keempat itu, bisa menggeser peminat kejuruan lain.

Padahal menurut Sutrisno, perusahaan merata banyak membutuhkan berbagai kejuruan atau keahlian, seperti teknis, listrik, bangunan dan lainnya.

“Namun untuk program saat ini masih ada 4 kejuruan, diantaranya desain grafis, las listrik, otomotif dan instalasi listrik. Jumlah peserta dibatasi hanya 64 orang,” sebutnya.

Karena kondisi masih oandemi Covid-19, jadi pelatihan dan keterampilan sementara dibatasi. Namun meskipun dibatasi, peminatnya masih banyak sekali.

“Kalau tahun sebelum pandemi, dulu 8 paket dan yang daftar mencapai ribuanribuan orang,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Tenaga Kerja Pemerintah Kabupaten Jember, Bambang Rudianto menyampaikan, ini persiapan untuk memasuki dunia kerja.

“Sampai saat ini, masih ada kesenjangan, antara pencari kerja dengan dunia kerja. Skill yang dibutuhkan perusahaan belum tercukupi,” jelasnya.

Oleh karena itu, ini program yang luar biasa, dan ini harus dilanjutkan. Dirinya berharap, mudah-mudahan kedepan pelatihan bisa maksimal dan lebih banyak lagi peserta, seperti tahun sebelumnya.

Paling tidak, bisa mengurangi pengangguran yang ada di Kabupaten Jember, yang jumlahnya mencapai puluhan ribu. (Sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait